Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Daftar Alat untuk Mengecat dari Amplas, Air Brush, sampai Roller

Halo Sahabat Kia, kembali lagi di artikel baru Kiafinishing.com mengenai jenis-jenis alat untuk mengecat. Coba apa yang Anda pikirkan tentang peralatan untuk finishing?

Kebanyakan masyarakat hanya mengenal kuas saja sebagai alat untuk finishing. Padahal, sebetulnya ada lumayan banyak alat yang diperlukan untuk kebutuhan ini. Makanya, di kesempatan ini, kami akan bagikan informasi peralatan yang diperlukan untuk tujuan pengecatan tersebut. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sahabat Kia sekalian!

Aneka Alat untuk Mengecat Amplas sampai Roller

Jenis-jenis Alat untuk Mengecat

1. Amplas

Amplas memang tidak digunakan untuk mengaplikasikan cat. Tapi keberadaan amplas sangatlah penting. Amplas setidaknya memiliki dua fungsi. 

Yang pertama untuk menyiapkan media sebelum dicat. Dan yang kedua untuk menghaluskan lapisan cat yang sudah kering. Terkait fungsi pertamanya, amplas biasanya diandalkan untuk membersihkan permukaan dan menjadikannya lebih rata. 

Fungsi ini sangat penting lho. Apabila permukaan yang hendak dicat kotor atau tidak rata, pasti hasil pengecatan juga terlihat jelek.

Saat ini, amplas yang dijual di pasaran sudah sangat beragam. Amplas biasanya dibedakan menurut nomornya. Untuk menghaluskan, pilih amplas yang tidak terlalu keras. Sedangkan untuk meratakan dan membersihkan, pilih amplas yang keras.

2. Kape

Kape adalah alat untuk mengecat filler dan dempul. Dempul memiliki wujud yang liat seperti tanah liat atau pasta. Anda akan kehabisan tenaga bila coba-coba menggunakan kuas saat mendempul. Maka itulah, kape hadir untuk kebutuhan ini. 

Di pasaran tersedia beberapa jenis kape. Nanti, akan kami bahas tersendiri mengenai tipe-tipe kape tersebut. Tunggu ya!

3. Alat Aplikasi Cat (Kuas, Roller, Spray Gun, Air Brush)

Nah, kalau yang ini alat yang secara khusus dipakai untuk pengecatan. Ada beberapa pilihan untuk digunakan. Ayo, simak satu per satu.

Kuas

Kuas adalah alat finishing paling populer di masyarakat. Terbuat dari bulu sintetis atau non sintetis dengan gagang. Biasanya digunakan untuk mengecat tembok dan mebel.

  • Kelebihan: Harga murah, tidak boros cat, dan pengggunaan yang mudah
  • Kekurangan: Perlu tenaga yang banyak untuk mengecat menggunakan kuas dibanding dengan alat yang lain, menyebabkan brush mark (bekas kuas)

Roller

Roller adalah alat untuk mengecat dengan wujud gagang panjang dan ujung sumbu horizontal yang bisa diputar. Roller telah berkembang hingga ada yang bisa dipakai untuk menciptakan motif. Alat ini biasanya dipakai untuk mengecat permukaan luas seperti tembok.

  • Kelebihan: Lebih praktis untuk pengecatan tembok, dan bisa membentuk motif yang bagus
  • Kekurangan: Lebih boros cat dibanding kuas, cara penggunaan butuh keterampilan khusus

Air Brush 

Deskripsi umum: cikal bakal spray gun yang ukurannya lebih kecil dan harganya lebih murah. Biasa digunakanpara penghobi, para pencinta otomotif (modif warna sepeda, sepeda motor, dan mobil) serta untuk melukis.

  • Kelebihan: Enteng, lebih murah dari spray gun, ukuran mini yang enak dibawa kemana-mana
  • Kekurangan: Kurang memadai untuk pengecatan luas, setelan harus sesuai untuk hasil yang bagus, lebih boros cat dibanding HVLP spray gun

Spray Gun

Spray gun adalah alat untuk mengecat dengan metode semprotan. Kini tersedia beberapa jenis spray gun, di antaranya yang biasa dan spray gun HVLP.

  • Kelebihan: penggunaan lebih hemat tenaga, cocok untuk kebutuhan profesional, tersedia berbagai pilihan
  • Kekurangan: Lebih mahal, yang non HVLP cenderung boros cat, setelan harus sesuai untuk hasil yang bagus

4. Alat untuk Mengecat lainnya

Tahukah Anda bahwa saat melakukan finishing, kadang para pengrajin menggunakan alat-alat tambahan yang tidak biasa? Misalnya saja kawat dan sikat.   

Contohnya untuk boat finishing atau finishing dengan efek antik. Untuk menciptakan kesan yang rusak dan tua, hasil finishing yang tadinya solid color dan mulus dirusak dengan kawat. 

Dengan demikian, muncul efek yang unik dan sangat vintage. Selain kawat dan sikat, masih banyak lagi perlengkapan tambahan lainnya seperti kain, daun, hingga batu. 

Ringkasan Jenis-jenis Alat untuk Mengecat

Simak tabel berikut ini.

NoAlatFungsiKeterangan
1 Amplas Menyiapkan permukaan media yang hendak dicat Menghaluskan lapisan cat yang sudah keringPilih menurut nomornya
2Kape atau Pisau Putty Digunakan untuk mendempul
3 Alat Aplikasi Cat
aKuas Alat aplikasi cat Digunakan sangat umum, namun biasanya untuk mengecat dinding dan mebel
bRoller Alat aplikasi cat Digunakan untuk dinding
cAir BrushAlat aplikasiDigunakan untuk otomotif hingga membuat lukisan
dSpray GunAlat aplikasi Digunakan untuk mebel, dinding, otomotif, dan lain sebagainya
4Alat lainnya seperti kawat dan kainMendukung fungsi alat utama Misalnya kawat untuk memberikan efek goresan sehingga finishing terlihat tua


Simpulan Aneka Jenis Alat untuk Mengecat

Pengecatan dilakukan dengan memanfaatkan alat dan bahan tersendiri. Dan sampai saat ini tersedia berbagai perlengkapan finishing yang harus dimiliki agar bisa melakukan kegiatan tersebut.

Beberapa contoh peralatan untuk kebutuhan pengecatan adalah amplas, kuas, spray gun, kape, air brush, hingga roller. Selain alat-alat tersebut, juga ada lho alat-alat yang “tidak biasa” seperti kawat dan sikat. Ketahuilah berbagai jenis alat untuk pengecatan supaya ketika Anda mengecat, Anda bisa memilih perlengkapan yang tepat. 

Nah, kurang lebih itulah yang bisa kami bagikan di artikel mengenai berbagai jenis alat untuk mengecat. Silahkan baca berbagai artikel menarik lainnya. Jangan lupa, like Fanspage kami dan sebarkan artikel ini supaya kami bisa terus update dengan informasi terbaru.

Terima kasih.

Posting Komentar untuk "Ini Daftar Alat untuk Mengecat dari Amplas, Air Brush, sampai Roller"