Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

FAQ Cat Glossy dari Contoh hingga Kelebihan dan Kekurangannya

Apa saja keuntungan aplikasi cat glossy? Apakah cuma tampilannya yang mewah dan berkilau saja? Dan bagaimana dengan harga finishing dengan tingkat kilap ini?

Sahabat Kia, coba perhatikan gambar di bawah ini. Gambar di bawah ini memperlihatkan produk cat dengan warna yang sama akan tetapi memiliki tampilan yang berbeda. Yang satu memiliki kilap cat matte, sedangkan yang satu lagi memiliki kilap cat glossy.

cat glossy

Apa yang Anda pikirkan ketika melihat perbedaan itu? Sebetulnya, ada satu kesimpulan sederhana sekali yang bisa kita tarik. Bahwasanya, hasil finishing bukan cuma ditentukan oleh warna cat saja, akan tetapi juga dipengaruhi oleh kilap produk finishing yang digunakan. 

Nah, khusus di kesempatan ini, KiaFinishing ingin “mengupas tuntas” mengenai cat dengan kilau glossy. Pertanyaan-pertanyaan tentang cat ini seperti definisi dan plus minusnya bisa Anda dapatkan jawabannya di sini.

Pengertian Cat Glossy

Gloss merupakan salah satu level dalam tingkat kilap cat. Gloss kadang disamakan dengan semi gloss. Namun tak jarang, istilah ini berdiri sendiri, dan diartikan sebagai level kilau permukaan yang bisa memantulkan 70% -90% (atau kadang 85% saja) lebih cahaya yang menimpanya. 

Perlu dipahami bahwa gloss bukan tingkat tertinggi "sheen level". Masih ada level lain yang lebih tinggi seperti high gloss.

Contoh Aplikasi Cat Glossy

Finishing dengan kilau tinggi sudah dikenal sejak dulu. Dan, aplikasinya pun mudah ditemui dalam kehidupan sehari-hari mulai dari furnitur, tembok, hingga otomotif. Supaya lebih jelas, yuk kita lihat contohnya di bawah ini.

1. Cat Kayu pada Furniture

Masyarakat Indonesia umumnya menyukai mebel dengan kilau yang tinggi. Mereka menganggap tampilan tersebut memberikan kesan baru, berkualitas, dan mahal. Glossy paint juga bisa mempercantik finishing natural transparent yang biasanya diaplikasikan pada kayu jati dan kayu-kayu favorit masyarakat lainnya.

furniture kilap tinggi

2. Cat Tembok pada Ruangan

Aplikasi cat glossy pada tembok bangunan baik untuk interior atau eksterior biasanya dimaksudkan untuk menciptakan kesan lebih ceria. Selain itu, juga agar cat tidak mudah rusak, sebab cat kilap tinggi memang biasanya lebih tahan lama dan lebih mudah dibersihkan.

cat glossy tembok
Image source: Paulbabbitt.com

3. Cat Otomotif pada Mobil

Mobil glossy hingga kini masih jauh lebih populer dari mobil matte. Tampilan dengan kilau glossy memberikan kesan yang mewah, mahal, dan juga baru. Contohnya saja di bawah ini. Bukankah mobil warna merah ini terlihat sangat berkelas?

mobil glossy merah

Kelebihan dan Kekurangan Cat Glossy

Kelebihan

  1. Umumnya jauh lebih tahan lama dibanding cat dengan kilap di bawahnya.
  2. Permukaan yang mulus dan licin memberikan kesan mewah terutama pada furniture dan mobil
  3. Biasanya lebih mudah dibersihkan karena permukaannya tidak menyerap noda
  4. Harganya lebih murah
  5. Pada mobil, perawatan mobil glossy jelas lebih mudah dan terjangkau dibanding mobil matte

Kekurangan

  1. Cacat finishing akan mudah terlihat. Sebab, permukaannya memantulkan banyak cahaya yang membuat adanya kesalahan finishing mudah terlihat.
  2. Kurang cocok untuk finishing yang ditujukan memberikan kesan teduh dan simple.

Kiranya, itulah pros and cons alias kelebihan dan kekurangan menggunakan cat yang kilaunya tinggi. Selebihnya sebetulnya masalah selera saja. Contoh, Sahabat Kia ingin memfinish kamar dengan kesan hangat dan earthy. Bila demikian adanya, sebaiknya dihindari cat yang high gloss. Untuk kebutuhan seperti itu, gunakan saja cat doff atau satin.

Cat Glossy yang Water Based vs Solvent Based

Gloss paint sudah lama tersedia sejak sebelum cat water based populer. Anda pun akan sering mendapati brand solvent based yang memiliki produk cat kilau tinggi yang sangat bagus. Namun, seiring dengan makin populernya cat berpelarut air, saat ini pun cat kilap tinggi sudah banyak yang tersedia dalam teknologi water based. 

Lantas bagaimana perbandingan antara keduanya?

Secara umum, saat ini tampilan cat berpelarut solvet masih menunjukkan performa high gloss lebih baik. Tapi sekali lagi, teknologi water based pun makin menyusul. Selebihnya, antara kedua tipe cat ini dibedakan menurut karakter jenis pelarutnya. 

Misal dalam aspek kecepatan kering, umumnya water based paint lebih cepat kering dibanding yang solvent based. Sedangkan dari baunya, cat water based tidak menyebabkan bau menyengat seperti cat solvent based.

Berapa Harga Cat Gloss?

Lantas berapa harga produk ini? Well, tergantung. Apa yang hendak Sahabat Kia beli? Apakah cat tembok? Cat kayu? Atau cat mobil? 

Namun secara umum, sebenarnya bisa dikatakan bahwa harga cat glossy pasti lebih murah dibanding harga produk yang sama namun kilapnya rendah. Contohnya saja coating lantai. 

Coating lantai akrilik glossy dengan matte, bisa selisih 10% harga produk. Misalnya, satu top coat akrilik harganya Rp. 100.000,- untuk yang glossy, namun yang matte harganya Rp. 110.000,-. 

Beberapa manufaktur telah menghapus perbedaan ini. Mereka pun menggunakan harga general untuk produk yang sama meski sebetulnya ongkos produksinya berbeda.

Simpulan tentang Cat Glossy

Sahabat Kia, kita sudah sampai di bagian akhir pembahasan mengenai cat dengan kilau yang tinggi. Dari penjabaran di atas, ada beberapa poin yang bisa diambil, yaitu:

  1. Selain warna, hasil finishing juga dipengaruhi estetikanya oleh kilap prdouk finishing yang dipakai.
  2. Menurut tingkat kilap sendiri, terdapat produk cat dengan jenis yang berbeda-beda. Salah satunya adalah cat dengan level gloss.
  3. Cat dengan level seperti itu bisa memberikan kesan mewah, high quality, dan mahal. Lapisan cat biasanya juga lebih tahan lama.
  4. Namun cat yang tingkat kilaunya gloss pun bukan tanpa kekurangan. Cat seperti ini biasanya memperlihatkan cat finishing yang jelas. Tidak meratanya permukaan akan tampak jelas pada finishing yang gloss.
  5. Terkait dengan harganya sendiri, cat seperti ini biasanya lebih murah. Meski, saat ini banyak manufaktur cat menetapkan standar yang sama pada semua produknya.

Semoga informasi mengenai cat glossy ini bermanfaat bagi pembaca KiaFinishing sekalian. Dan semoga hari teman-teman selalu menyenangkan.

Posting Komentar untuk "FAQ Cat Glossy dari Contoh hingga Kelebihan dan Kekurangannya"