Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Seperti Apa sih Cat Doff itu? Baca Penjelasannya di sini yuk

Apa itu cat doff? Apa bedanya dengan flat dan matte? Apa saja kelebihan dan kekurangan aplikasi cat ini? Yuk simak pembahasannya di bawah ini.

Sheen level merupakan istilah yang digunakan untuk menunjukkan tingkat kilap suatu film cat. Sheen level bisa dibedakan beberapa tingkat mulai dari yang paling berkilau sebagai berikut:

  1. High gloss
  2. Gloss
  3. Semi Gloss
  4. Satin
  5. Egg Shell
  6. Doff atau Flat atau Matte
  7. Ultra Flat

Tiap tingkat memiliki kemampuan memantulkan cahaya yang berbeda-beda. Contohnya saja, cat dengan label High Gloss bisa memantulkan 85% lebih cahaya yang datang, sementara cat flat hanya mampu memantulkan kurang dari 10% saja.

tingkat kilap cat

Tiap manufaktur cat menawarkan sheen level yang berbeda untuk mengikuti permintaan pasar. Sebab, pada hampir semua kebutuhan pengecatan, diperlukan sheen level yang spesifik. Misalnya, untuk mengecat kamar yang tenang, diperlukan kilau rendah. Sedangkan untuk mengecat ruang tamu yang glamour bisa diterapkan cat yang high gloss.

Nah, di kesempatan ini KiaFinishing hendak membahas mengenai cat dengan kilau flat atau di Indonesia lebih umum dikenal dengan sebutan doff.

Pengertian Cat Doff

Cat dengan kilau rendah biasa disebut dengan istilah matte, flat, hingga doff. Ketiganya pada dasarnya sama, yakni memiliki kemampuan pantulan cahaya kurang dari 13 atau 10%. 

Beberapa dari Anda mungkin berpikir bahwa tipe cat ini pasti lebih murah dibanding yang mengkilap. Namun hal tersebut tidak benar. Justru, cat dengan kilau rendah umumnya lebih mahal dibanding yang kilapnya tinggi.

Mengapa demikian? Sebab secara normal, formulasi cat akan memberikan hasil yang mengkilap. Karena itu, untuk membuat kilaunya turun, dibutuhkan suatu additive tersendiri yang biasa disebut dengan matting agent. Pembuatan cat dengan kilau rendah, dengan kata lain membutuhkan tambahan bahan dan waktu. Oleh sebab itulah harga produk doff baik itu pernis atau cat multipurpose, umumnya lebih mahal dibanding yang kilapnya lebih tinggi. 

Contoh Produk yang Difinish dengan Cat Doff

Untuk memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai tampilan cat ini, silahkan simak beberapa contohnya di bawah. Dari finishing dinding, kayu, hingga otomotif, sheen level ini menjadi favorit berbagai kalangan.

Kamar dengan Cat Tembok Kilau Rendah

cat doff dinding
Image: Pinterest

Bisa Anda perhatikan bahwa dengan kilap flat, ruangan terlihat lebih teduh dan tenang. Selain itu, ruangan juga tampak lebih elegan dan sederhana. Bagi Anda yang ingin mendapatkan kesan-kesan tersebut di rumah (misalnya untuk mengecat kamar tidur dan ruang keluarga), pilih saja cat matte dengan warna yang Anda suka.

Mebel Kayu dengan Cat Doff

mebel doff

Aplikasi cat doff juga bisa dilakukan pada mebel kayu. Hasilnya? Jelas menarik. Beberapa desain mebel juga sangat cocok dengan tampilan matte. Misalnya untuk finishing mebel vintage dan shabby chic. 

Mobil dengan Finishing Doff

Pernahkah Anda melihat deretan mobil kinclong dan Anda tak menyukainya? Sebaliknya, Anda justru mendambakan tampilan mobil yang catnya tak berkilau. Beruntungnya, ada lho cat otomotif dengan tampilan seperti ini. Beberapa manufaktur mobil pun menghadirkan tampilan produk dengan cat yang tidak kinclong.

cat doff mobil

Catatan: tiap manufaktur cat mendefinisikan produknya dengan definisinya sendiri. Ada manufaktur yang menggunakan label flat untuk cat dengan pantulan 7%, namun ada juga manufaktur yang menggunakan label flat untuk cat dengan daya pantul 13%. Jadi, penting bagi Anda untuk memerhatikan persentase daya pantul cat secara langsung.

Kelebihan dan Kekurangan Cat Doff

Berikut ini kelebihan dan kekurangan aplikasi bahan finishing dengan

Kelebihan

  1. Menyamarkan berbagai cacat finishing
  2. Memberikan kesan teduh, tenang, dan elegan
  3. Mudah direfinishing atau dicat ulang
  4. Memberikan kesan tak dicoating yang bagi sebagian orang kelihatan natural dan indah
  5. Menyamarkan noda dan debu yang menempel

Kekurangan

  1. Harga lebih mahal
  2. Kadang (beberapa produk) menjadi mudah mengelupas atau mengalami pengapuran
  3. Mudah menyerap noda dan sulit dihilangkan
  4. Lebih mudah terserang hama
  5. Memberikan kesan tak dicoating yang bagi sebagian orang kelihatan lawas sehingga tak menarik.

Simpulan

Sahabat KiaFinishing, kita telah sampai di akhir pembahas mengenai cat doff. Seperti disebut di atas, doff merupakan istilah untuk merujuk cat dengan tingkat kilau di bawah 13 atau 10%. Tiap manufaktur cat mendefinisikan tingkat kilap cat sendiri-sendiri. Sehingga, kadang istilah ini memiliki definisi yang ambigu. Akan lebih baik, bila saat membeli cat, kita langsung membaca sheen level-nya daripada sekadar labelnya saja.

Doff sendiri merupakan tampilan yang menarik dan sudah diaplikasikan pada finishing ruangan, kayu, hingga otomotif. Sebagaimana sheen level lain, cat doff menawarkan kelebihan dan kekurangan tersendiri. Kelebihan utama cat ini adalah kemampuannya memberikan kesan teduh dan elegan. Sedangkan kekurangannya terletak pada harganya yang lebih mahal.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Sahabat Kia sekalian! Sampai jumpa di artikel kami selanjutnya.

Posting Komentar untuk "Seperti Apa sih Cat Doff itu? Baca Penjelasannya di sini yuk"