Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sebelum Beli Spray Gun yang Bagus Yuk Baca Dulu 5 Tips Penting Ini

Apa saja tips yang harus diperhatikan saat hendak membeli spray gun yang bagus? Perlukah langsung membeli spet cat terbaik dari kategori HVLP? Atau beli yang mini HVLP saja? Biar jelas, yuk baca tips di bawah ini.

Spray gun atau biasa disebut dengan istilah “spet” (di Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jogja) merupakan salah satu alat finishing cat yang banyak digunakan dalam pengecatan profesional atau untuk otomotif. Berbeda dengan kuas dan roller, alat ini diaplikasikan dengan suatu tekanan udara yang kemudian mengatomisasi larutan cat.

Spray Gun yang Bagus

Nah, Sahabat Kia, saat ini permintaan akan pembelian spet cat berkualitas ternyata semakin meningkat. Ada yang membeli untuk kebutuhan usaha, namun ada juga yang membeli untuk kebutuhan pribadi (misalnya untuk hobi). Hanya saja, banyak yang masih belum bisa memilih alat yang tepat untuk kebutuhan mereka. Jadi daripada bingung, kali ini Kia akan membahas 5 tips yang sengaja kami ringkas bagi Anda yang ingin membeli alat ini.

Tips Membeli Spray Gun yang Bagus

1. Pilih Berdasarkan Bahan Finishing yang Diterapkan

Hal pertama yang wajib diperhatikan saat hendak membeli spet cat adalah jenis cat yang hendak Anda aplikasikan. Kuncinya terletak pada “viskositas” cat yang akan diterapkan. 

Untuk cat yang berat atau kental seperti epoksi dan beberapa jenis dempul, hindari membeli spet cat HVLP. HVLP adalah singkatan dari High Volume Low Pressure. Alat untuk mengecat ini didesain sedemikian rupa supaya tekanannya rendah (dus, low pressure). Akibatnya, tipe HVLP tak cocok digunakan untuk bahan finishing berat yang perlu tekanan udara tinggi seperti epoksi.

Untuk cat yang viskositasnya medium seperti lacquer, base coat (warna), PU, enamel, primer industrial, top coat, dan sealer, Anda bisa menggunakan spray gun HVLP. Meski lebih mahal, tapi spet cat High Volume Low Pressure akan menjadi spray gun yang bagus untuk bahan-bahan tersebut sebab lebih hemat pemakaian catnya.

spray gun yang bagus

Untuk cat yang ringan, silahkan gunakan spet cat berkualitas tipe suction atau gravity HVLP maupun non HVLP. Lantas bagaimana bila material yang hendak diaplikasikan sangat beragam? Well, Anda bisa membeli dua jenis spet yang berbeda bila ada dananya. Atau, bisa juga membeli spet yang bisa diganti tipe HVLP atau konvensional dengan air cap yang berbeda. Ada lho spet yang bisa diubah dalam dua mode berbeda tergantung air cap yang digunakan.

Baca juga: Kupas Tuntas Spray Gun HVLP

2. Pertimbangkan Intensitas Penggunaan

Apakah Anda hendak menggunakan spray gun tersebut berkali-kali untuk kebutuhan usaha? Atau Anda hanya butuh beberapa kali penggunaan semata? Faktor ini juga perlu diperhatikan bila Anda ingin mendapatkan spray gun yang bagus.

Intinya, bila Anda membutuhkan alat semprot penggunaan jangka panjang, pilih yang kualitasnya baik. Harga lebih mahal tak mengapa. Sebab bila Anda membeli yang murah, Anda justru harus sering berganti-ganti alat karena sifatnya yang mudah rusak dan kualitas hasil spraying terus menerun. Bila dihitung-hitung, Anda akan lebih rugi waktu dan biaya membeli spet yang murah meriah tersebut.

3. Kecepatan dan Banyak Sedikitnya Spraying

Saat Anda hendak membeli spet cat terbaik sesuai kebutuhan, pertimbangkan juga fluid nozzle dan air cap-nya. Untuk aplikasi cat epoksi, enamel, dan bahan sejenis, pilih yang fluid nozzle dan air cap-nya besar (ukuran 1,4 hingga 1,8 inchi atau 3,5 cm hingga 4,5 cm). Sedangkan untuk aplikasi cat yang “ringan” seperti warna dan sealer, gunakan saja fluid nozzle dan air cap yang kecil (1-1,2 inchi atau 2,5 hingga 3 inchi). 

Besar kecilnya fluid nozzle dan air cap mempengaruhi keluaran cat. Semakin besar, semakin banyak hasil spraying dan semakin sedikit waktu pengerjaan. Selain itu, terkait dengan kecepatan pengerjaan perhatikan juga tipe spray gun. Secara umum, pressure feed spray gun lebih cepat dibanding tipe gravity dan suction (siphone). Namun, tipe pressure feed lebih mahal karena Anda harus membeli tabung tersendiri.

4. Industrial vs Non Industrial

Aspek lain yang harus diperhatikan saat membeli spray gun yang bagus dan sesuai kebutuhan adalah feature yang ditawarkannya. Secara umum, menurut kecanggihan dan kelengkapan feature, kita bisa membagi alat ini menjadi tipe industrial vs non industrial.

Tipe industrial hadir dengan feature lebih baik, lengkap, dan canggih dibanding yang non industrial. Tapi harganya juga bisa sangat kontras. Harga tipe industrial minimal jutaan hingga puluhan juta. Sedangkan harga yang non industrial di bawah 1 juta atau bahkan di bawah Rp. 100.000,-).

Untuk hobi, pertimbangkan juga spray gun yang bagus dari kategori mini spet dan air brush bila dana Anda terbatas. Baca lebih lengkap mengenai keduanya di Penjelasan tentang Spray Gun Mini dan All About Air Brush.

spet cat yang bagus

5. Bahan Spet Cat

Pada dasarnya, spet cat yang berkualitas pasti dibuat dari bahan yang bagus dan tahan lama. Misalnya penggunaan bahan yang tidak mudah berkarat. Sudah banyak spray gun yang berkualitas yang dibuat dengan komponen full / 100% tahan korosi. Namun di luar itu, kita juga harus memerhatikan aspek material yang lain. Misalnya bahan tabung.

Bahan tabung alat semprot cat ada yang dari plastik dan dari logam. Yang dari plastik memang tidak setahan yang dari logam. Tapi tabung plastik lebih transparan sehingga jumlah catnya bisa dilihat.

Perlukah Membeli Berdasarkan Merk Spray Gun yang Bagus?

Membeli berdasarkan merk adalah membeli berdasarkan pengalaman kolektif. Sebagai konsumen kita sering bertukar pengalaman mengenai mana merk-merk yang tahan lama dan yang tidak. 

Silahkan saja bila Sahabat Kia hendak membeli produk berdasarkan merknya. Hanya saja, saat ini semakin banyak merk spet cat yang dijual di pasaran. Beberapa merk spet baru banting harga dengan kualitas yang ternyata bagus. Jadi bila budget Anda terbatas, boleh lho mempertimbangkan sprayer yang belum begitu terkenal.

Kurang lebih itulah yang Kia bisa bagikan mengenai tips untuk memilih spray gun yang bagus. Intinya, kita harus memperhatikan beberapa aspek pada alat spet cat tersebut seperti bahan tabung, besaran fluid nozzle, dan lain sebagainya. Kita juga harus memerhatikan juga kecocokan dengan bahan yang hendak diaplikasikan. 

Sebab sebagus apapun sprayer bila catnya tidak cocok, kita bisa apa? Jangan sampai kita membeli spet HVLP belasan juta tapi ternyata alat itu tak cocok dengan cat epoxy yang hendak kita aplikasikan. 

Semoga informasi ini bisa membantu pembaca KiaFinishing untuk mendapatkan produk spray gun yang bagus dan paling tepat untuk kebutuhannya.

Posting Komentar untuk "Sebelum Beli Spray Gun yang Bagus Yuk Baca Dulu 5 Tips Penting Ini"