Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

All About Dempul Kayu, Manfaat, dan Konsekuensi Penggunaannya

Pernahkah Anda hendak mengecat kayu namun permukaannya retak dan memiliki lubang yang cukup besar? Apabila iya, kita tentu harus memperbaikinya dulu menggunakan dempul kayu. Kompon, nama lain bahan tersebut, dengan kata lain memegang peran penting dalam proses pengecatan.  

dempul kayu

Apa sih Dempul itu?

Secara umum, semua bahan yang disebut dengan istilah putty adalah bahan yang didesain untuk menutup celah atau lubang media yang hendak difinish. Bahan ini juga didesain untuk menutup warna asli suatu produk.

Khusus untuk kayu, yang dimaksud dempul kayu biasanya terbuat dari minyak linseed, kalsium karbonat, dan pewarna seperti pigmen. Fungsi penggunaan bahan yang sering disebut wood plastic ini sama seperti fungsi pengggunaan plamir tembok ataupun plamir untuk besi dan material lain. 

Beberapa putty memiliki sifat yang agak merusak ketika langsung diaplikasikan. Sehingga sebelum digunakan, pekerja perlu mengaplikasikan pernis dulu (yang cocok). Sangat penting bagi Sahabat Kia untuk membaca label produk dan rekomendasi pemakaiannya sebelum menggunakannya secara langsung. Sebab tiap produk memiliki kekhususan yang perlu diperhatikan supaya hasilnya bagus.

Apa itu Putty 1 K dan 2 K?

Istilah 1 K dan 2 K merujuk pada 1 Komponen dan 2 Komponen. Beberapa putty adalah produk 1 K yang artinya proses pengeringannya tak membutuhkan bahan lain. Namun ada juga yang merupakan produk 2 K, seperti dempul epoxy yang memerlukan campuran resin dengan hardener.


Seperti Apa Wujudnya?

Secara tradisional, dempul memiliki wujud seperti pasta atau tanah liat. Dengan demikian, putty tidak seencer  primer, cat warna, hingga clear coat. 

Namun, seperti disebut sebelumnya, saat ini sudah ada beberapa kompon untuk kayu dari bahan epoksi yang notabene merupakan produk 2 K. Bila Anda membeli produk seperti itu, Anda akan memperoleh produk dalam 2 kemasan yang perlu dicampurkan sebelum digunakan.


Apa Saja Manfaat Dempul Kayu?

Tujuan penggunaan dempul sebenarnya sejalan dengan tujuan finishing secara umum. Dan seperti telah disebutkan di atas, bahan ini memiliki fungsi untuk:

  1. Mengisi celah atau retak di permukaan kayu
  2. Menutup warna asli kayu dan polanya
  3. Meratakan permukaan 

Pada finishing kayu olahan, penggunaan bahan ini bisa menutup warna asli engineered wood seperti MDF dan particle board yang memang kurang menarik. Contoh aplikasi lainnya adalah ketika kita ingin mengaplikasikan finishing dengan warna duco dan warna-warna pastel solid seperti merah, hijau, kuning, hingga ungu.


Apa Kita Harus Selalu Menggunakan Dempul Kayu?

Tidak. Seperti telah disinggung di atas, kita menggunakan kompon tatkala:

  • Perlu menutup atau mengisi celah dan lubang kayu
  • Ingin aplikasi finishing solid color. Misalnya warna kuning, pink, hingga hijau mulus (non transparan). Kompon bisa diaplikasikan merata sehingga menutupi warna alami hingga pola serat kayu.
  • Ingin permukaan yang lebih rata

Bila Anda ingin mengecat kayu dengan warna natural transparan, sebaiknya jangan gunakan kompon hingga menutup seluruh permukaan kayu itu. Untuk kebutuhan tersebut, aplikasikan saja wood filler yang secara umum banyak tersedia dalam warna natural.

Berbeda dengan filler, kebanyakan putty tersedia dalam warna putih hingga abu-abu yang tidak alami(meski tidak semua). Bahan ini pun bersifat sangat "menutup." 

Bayangkan bila Anda hendak mengecat kayu ebony dan jati. Bila bahan ini diterapkan secara menyeluruh, hasil finishing akan menghilangkan karakter estetika jati dan eboni yang cantik dan nilai jualnya tinggi.

Baca: Apa Perbedaan Filler dan Dempul?


Apa Saja Contoh Merk Produk Dempul Kayu?

  • Dempul San Polac
  • Impra
  • BioVarnish
  • Kuputex
  • Diamond
  • Power Lux
  • Isamu
  • Anoman
  • RJ London
  • Aqua Putty Propan
  • Panther
  • Dempul Cap 3 Bintang

Berapa ya Harganya? 

Dibanding pernis atau warna, kompon merupakan bahan yang murah. Harganya mulai dari belasan ribu rupiah sampai puluhan ribu untuk setiap 1 Kg. Penggunaannya dalam bahan finishing justru akan menghemat budget, sebab dengan bahan ini, warna bisa diirit.

Silahkan baca: Harga Dempul Kayu dan Besi Terbaru untuk informasi pricelist yang berlaku saat ini.


Bagaimana Cara Menggunakan Dempul Kayu?

Aplikasi kompon baik itu untuk kayu atau bahan yang lain biasanya dilakukan dengan pisau kape alias putty knife. Namun ada juga kompon yang bisa diaplikasikan dengan spray gun atau air brush. Hanya saja, sifatnya biasanya spesifik (misalnya untuk produk spray putty yang biasanya digunakan untuk otomotif).

Untuk aplikasi dengan kape sendiri, jenisnya harus diperhatikan. Misalnya, untuk aplikasi di permukaan yang luas, pilihlah skraper (pisau kape) yang juga lebar. Sedangkan untuk aplikasi di daerah yang sempit, gunakan skraper yang kecil. 

Usahakan juga untuk memilih pisau kape yang agak lentur supaya lebih enak dalam aplikasi. Hindari membeli kape yang didesain untuk "mengerok" atau mengelupas lapisan cat yang lama.

Langkah-langkah menggunakan dempul kayu secara umum adalah:

  • Aplikasikan pada permukaan kayu hingga bisa menutupi permukaan sesuai dengan yang dikehendaki
  • Biarkan kering. Baca label produk mengenai keterangan lama keringnya.
  • Setelah kering, lakukan pengamplasan agar rata.
  • Aplikasikan lagi bila perlu. Lalu biarkan kering lagi.
  • Amplas lagi. Ulangi sampai mendapatkan hasil sesuai keinginan (jangan diamplas sampai hilang seperti saat aplikasi wood filler ya).

Intisari

Dari penjelasan di atas, ada beberapa hal yang bisa kita simpulkan. Pertama, wood putty merupakan bahan finishing yang didesain untuk menghaluskan, meratakan permukaan kayu yang berlubang, sekaligus menutup permukaan kayu. Kedua, kompon biasanya berwujud pasta dengan kombinasi warna gelap (misalnya hitam dan coklat) serta terang. Untuk finishing warna terang, gunakan yang dempulnya terang. Begitu juga untuk finishing warna gelap, pilihlah yang compound-nya gelap.

Ketiga, dempul kayu umumnya digunakan untuk hasil finishing yang rata, solid color. Keempat, hingga saat ini, terdapat sangat banyak merk wood putty di pasaran. Dari San Pollac hingga Propan. Harganya juga beragam tergantung jenis hingga kualitasnya. Dan kelima, untuk aplikasinya, dempul kayu bisa diterapkan menggunakan kape atau pisau putty.

Semoga informasi ini bermanfaat buat Sahabat KiaFinishing. Ikuti terus berbagai informasi menarik lainnya di sini.

Posting Komentar untuk "All About Dempul Kayu, Manfaat, dan Konsekuensi Penggunaannya"