Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenali Tingkat Kilap Cat dari Ultra Flat, Doff, hingga High Gloss

Pernahkah Sahabat Kia memerhatikan perbedaan tampilan sebuah mebel meski warnanya sama? Sebab, selain warna, ada berbagai aspek lain yang memang memengaruhi tampilan cat. Salah satunya adalah tingkat kilap cat terkait.

Level kilau berkaitan dengan jumlah cahaya yang bisa dipantulkan oleh suatu permukaan. Dalam bidang finishing, biasanya digunakan suatu additive tertentu yang akan menentukan kilau cat. Dan, hingga hari ini sendiri, sheen level atau kilau cat bisa dibedakan menjadi beberapa kategori.

tingkat kilap cat
Image source: Blackberryhousepaint

8 Tingkat Kilap Cat

1. Ultra Flat

Ultra flat atau ultra matte atau ultra doff adalah tingkat kilau yang paling rendah. Beberapa manufaktur cat menetapkan level ini dengan hanya 1% cahaya yang dipantulkan. Sedangkan beberapa manufaktur yang lain, menetapkan ultra flat dengan kilau di bawah 5% pada sudut 85 derajat.. Ada baiknya, lihat secara langsung persentase cahaya yang dipantulkan bila Anda ingin mendapatkan cat ultra flat yang benar-benar rendah kilaunya.

2. Doff

Tingkat kilap cat terendah berikutnya ditempati oleh doff. Doff juga biasa disebut dengan istilah flat dan matte. Cat doff umumnya memantulkan kurang dari atau 10% cahaya pada sudut 85 derajat.. Tidak banyak, akan tetapi masih lebih tinggi dibanding ultra flat. Namun demikian, orang-orang yang mencari cat dengan kilau rendah biasanya menyasar level ini, bukan yang ultra flat.

3. Egg Shell

Ingin cat yang tak mengkilap tapi juga tak “seekstrim” doff? Bila Anda menginginkan kilau yang agak lebih tinggi, pilih saja egg shell. Sebagaimana namanya, egg shell adalah level sheen ala kulit telur. Cahaya yang dipantulkan berkisar dari 10% hingga 20% pada sudut 85 derajat.

4. Pearl

Pearl bukan istilah yang umum digunakan di Indonesia. Namun banyak manufaktur cat luar negeri yang menyediakan cat dengan pearl sheen level. Pearl sendiri memantulkan 15 hingga 25% cahaya pada sudut 60 derajat. 

5. Satin

Ingin tampilan cat yang lumayan berkilau? Bila iya, pilih saja satin. Tingkat kilap cat satin bisa memantulkan 25 hingga 35% cahaya yang menerpa pada sudut 60 derajat. 

6. Semi Gloss

Untuk Anda yang menyukai tampilan “glowing” yang secukupnya, silahkan pilih cat dengan sheen level gloss atau semi gloss. Gloss memantulkan 35 hingga 60% cahaya pada sudut 60 derajat.

7. Gloss

Tingkat kilap cat berikutnya adalah gloss. Kadang cat gloss disamakan dengan semi gloss. Namun kadang dibedakan dalam kategori tersendiri. Sebagai sheen level tersendiri, umumnya gloss didesaind engan hasil pantulan 60 hingga 85% pada sudut 60 derajat.

8. High Gloss

Suka dengan tampilan yang sangat glowing ala cermin? Atau, Anda ingin memfinish suatu mebel dengan tampilan ala French polish? Bila iya, pertimbangkan saja untuk membeli cat high gloss. Tipe cat ini menawarkan sheen level tertinggi dengan kriteria di atas 85% pada sudut 60 derajat.

Tabel Tingkat Kilap Cat

Agar lebih jelas, silahkan simak tabel sheen level produk cat di bawah ini.

kilau cat

Catatan: Perlu dipahami bahwa tiap manufaktur kadang menggunakan standar tersendiri. Ada yang menyebut doff sebagai kilau di bawah 13%, namun ada juga yang mengkategorikan doff di bawah 10%. Agar mendapatkan produk seakurat mungkin, jangan cuma mengecek label sheen level. Lihatlah langsung persentase cahaya yang bisa dipantulkan.

Kelebihan dan Kekurangan Tiap Tingkat Kilap Cat

Secara umum, kedelapan sheen level di atas bisa dibagi menjadi tiga. Pertama yang kilaunya rendah, kedua yang kilaunya sedang, dan ketiga yang kilaunya tinggi. Berikut ini kelebihan dan kekurangan tiap level kilau.

Low Sheen Level (Ultra Flat, Doff, Egg Shell)

Kelebihan:

  • Memberikan kesan yang lebih kalem dan menenangkan
  • Menyamarkan cacat finishing

Kekurangan

  • Harga paling mahal. Sebab untuk membuat cat yang kilaunya rendah, perlu matting aget lebih banyak.
  • Rentan bermasalah karena mudah mengelupas

Tingkat Kilau Cat Medium(Pearl dan Satin)

Kelebihan

  • Menawarkan keseimbangan di antara kedua level kilau
  • Tidak terlalu menyamarkan cacat finishing, tapi tidak meng-highlight kekurangan tersebut
  • Harga tak semahal cat doff

Kekurangan

  • Lebih mahal dibanding yang glossy

High Sheen Level (Semi Gloss, Glossy, High Gloss)

Kelebihan

  • Memberikan kesan mewah dan glamour
  • Harga lebih terjangkau
  • Biasanya tak mudah mengelupas atau mengalami pengapuran

Kekurangan

  • Kilau tinggi menyebabkan eksposi cacat finishing
  • Dianggap kurang elegan bagi beberapa kalangan

Kesimpulan: Mana Tingkat Kilap Cat yang Bagus?

Dari penjelasan di atas, apa yang bisa Sahabat Kia simpulkan? Pada dasarnya, tiap sheen level memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri. Tiap sheen level juga sangat spesifik terkait dengan pantulan cahayanya. Manufaktur cat kadang menetapkan sheen level berdasarkan acuan mereka sendiri. Jadi saat membeli cat berdasarkan kilaunya, perhatikan dengan jelas persentase cahaya yang dipantulkan.

Selain itu, perlu dicatat bahwa tidak ada sheen level yang lebih baik dibanding yang lain. Semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri. Jadi, belilah bahan finishing menurut tingkat kilap cat yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga bermanfaat, ya!

Posting Komentar untuk "Kenali Tingkat Kilap Cat dari Ultra Flat, Doff, hingga High Gloss"