Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Masih Bingung? Ini 10 Perbedaan Wood Putty dan Wood Filler

Apa perbedaan wood putty dan wood filler? Yuk kita bahas 10 aspek yang membuat keduanya tidak bisa disamakan berikut ini dari aspek fungsi sampai lama kering.

Untuk mempersiapkan cat (wood stain atau cat solid kayu) diaplikasikan, sebelumnya kayu “dipersiapkan” dulu. Memang persiapan tersebut sangat kondisional dan tergantung pada hasil akhir seperti apa yang ingin diwujudkan. Namun, pada umumnya, digunakan bahan-bahan seperti putty dan filler.

Perbedaan Wood Putty dan Wood Filler

Istilah dempul atau putty akan mengingatkan kita pada bahan serupa yang diaplikasikan ke dinding, yakni plamir. Dan sekilas, baik “kompon” untuk kayu ataupun untuk dinding memiliki fungsi yang serupa. Tapi apa itu filler? Kenapa dalam finishing kayu sampai ada dua istilah untuk produk yang di mata orang awam dianggap sama? Nah, di kesempatan ini, KiaFinishing akan membagikan 10 perbedaan kedua bahan itu. 


10 Perbedaan Wood Putty dan Wood Filler

Perbedaan-perbedaan di bawah ini dilihat menurut aspek-aspek praktikal dan teoritis. Di pasaran, kadang kita menemukan produk yang tidak sama persis dengan deskripsi filler ataupun putty. Namun, hal tersebut tak jadi soal. Yang penting, kita tahu fungsi dan sifat produk tersebut agar tidak salah pakai. 

1. Fungsi

Secara garis besar, dempul kayu berfungsi untuk menutup lubang, mengisi retak kayu, meratakan kayu, menghaluskannya, hingga membantu menutup warna asli kayu. Adapun, filler berfungsi untuk menutup pori yang besar (atau lubang yang kecil) dan meratakan serta lebih menghaluskan kayu. 

2. Bahan 

Keduanya dibuat dari berbagai jenis bahan yang berbeda-beda. Untuk wood putty, sebagian besar merupakan oil based produk (misalnya dengan bahan minyak linseed). Di sisi lain wood filler pun bisa dibuat dari serbuk kayu, epoxy, polyurethane, hingga latex based filler. 

3. Visual 

Perbedaan wood putty dan wood filler bisa dilihat dari visual penampilannya. Kompon kayu atau dempul mirip seperti plastik kayu yang berwujud pasta. Kebanyakan produknya pun berwarna putih. Namun saat ini, sudah lumayan banyak produk dempul kayu yang tidak putih. Di sisi lain, filler kayu hadir dengan warna yang lebih beragam. Beberapa hadir dengan warna natural kayu sehingga bisa dipakai tanpa membuat kayu terlihat tidak mulus warnanya.

Perbedaan dempul dan filler
Dempul, image: blog.cshardware.com

4. Tipe Finishing (Natural vs Solid)

Ingin mengecat kayu dengan warna solid seperti kuning, merah, dan hijau? Bila iya, silahkan menggunakan wood putty. Tapi bila Anda ingin mengecat kayu dengan warna natural, maka pilihlah wood filler.

5. Indoor vs Outdoor

Poin kelima ini adalah perbedaan wood putty dan wood filler yang tak boleh diabaikan. Kompon kayu bisa dipakai untuk finishing garden furniture, pagar, dinding luar ruangan, dan lainnya. Produk ini bisa dipakai untuk interior ataupun eksterior. Sebab dempul kayu bersifat agak mirip plastik yang elastis. Sehingga ketika terjadi perubahan suhu, ia tak mudah rusak.

Hal ini berbeda dengan filler. Filler sama sekali tidak disarankan untuk penggunaan eksterior. Sebab bahan tersebut tidak fleksibel. Ia bisa retak dan rusak dan membuat finishing terlihat buruk.

6. Cara Aplikasi Wood Putty vs Wood Filler

Dempul kayu mengandung bahan yang kadang sangat kuat dan bisa merusak kayu mentah ataupun tangan kita. Sebaiknya, bahan ini diaplikasikan menggunakan pisau putty dengan hati-hati. Setelah itu biarkan hingga kering lalu amplas supaya permukaan lebih halus. Jangan mengamplas hingga sebagian besar dempul hilang.

Hal tersebut berkebalikan dengan wood filler. Setelah diaplikasikan, wood filler harus diamplas dengan kuat hingga sebagian besar hilang. Hanya filler yang mengisi pori kayulah yang dibiarkan. Dengan cara ini, pola serat kayu tak tertutupi, dan wood stain akan tampak lebih seragam.

Perbedaan Wood Putty dan Wood Filler
Filler kayu, image: emilymorganti

7. Perbedaan Wood Putty dan Wood Filler dari Aspek Elastisitas

Seperti dijelaskan pada poin kelima, dempul lebih elastis dibanding filler. Selain pada finishing outdoor, elastisitas ini krusial ketika diaplikasikan pada pembuatan panel kayu dan area sambungan yang rentan retak.

8. Harga

Harga kedua produk relatif sama. Akan tetapi, filler tidak memiliki keawetan seperti dempul. Jadi, bila aspek tersebut dipertimbangkan, kita bisa mengatakan harga dempul lebih mahal sedangkan harga filler lebih murah.

9. Fungsi lain

Dempul kayu bisa digunakan untuk lem sedangkan filler secara umum tak menawarkan fungsi lain. Sekiranya Anda membutuhkan lem kayu dalam proyek Anda, dempul yang Anda beli bisa digunakan.

10. Lama Kering

Salah satu perbedaan wood putty dan wood filler yang paling “kentara” ialah lama keringnya. Proses kering (atau proses curing) kompon kayu sangatlah lama bila dibandingkan dengan wood filler. Apabila proyek Anda memerlukan penggunaan dempul kayu, sebaiknya Anda bersiap-siap menyediakan waktu yang cukup supaya dempul bisa kering dengan lebih cepat.

Ringkasan

WP : Wood Putty, WF: Wood Filler

  • Dempul berfungsi menutup lubang besar hingga menutup warna asli kayu, filler untuk menutup lubang kecil dan pori saja.
  • WF menawarkan warna yang lebih beragam dibanding WP yang biasanya berwarna putih (dempul kayu putih)
  • WP lebih elastis dibanding filler
  • WP  bisa digunakan untuk outdoor, WF tidak
  • Harga keduanya sama, namun dari aspek kehematan, dempul kayu lebih murah
  • WF jauh lebih cepat kering dibanding dempul kayu
  • WP cocok untuk finishing solid, sedangkan filler untuk finishing natural transparan
  • WP bersifat keras dan kadang bisa merusak kayu mentah, WF tidak
  • Dalam aplikasinya, WF harus diamplas hingga habis (kecuali yang tertinggal di pori) sedangkan dempul kayu tidak.
  • Dempul menawarkan fungsi lain sebagai adhesive

Kurang lebih itulah informasi yang bisa kami bagikan mengenai perbedaan wood putty dan wood filler. Semoga informasi ini memberikan manfaat untuk pembaca dan Sahabat KiaFinishing. Terus update dan ikuti artikel kami selanjutnya ya.

Posting Komentar untuk "Masih Bingung? Ini 10 Perbedaan Wood Putty dan Wood Filler"