Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sebelum Beli Cat Lantai Propan Polyfloor, Baca Dulu Penjelasan Ini

Cat lantai Propan Polyfloor adalah produk PT Propan Raya yang terdiri dari 3 varian. Kira-kira, mana yang akan Anda pilih?

Cat Lantai Propan Polyfloor
Ilustrasi gambar: kemasan Polyfloor epoxy dari Propan dan pilihan warna yang tersedia untuk cat lantai tersebut.

Sebagaimana yang kita ketahui, proses finishing adalah sebuah proses universal yang bisa diterapkan pada berbagai permukaan media. Salah satunya adalah untuk lantai. Tujuan dari finishing lantai antara lain:

  1. Memperindah lantai
  2. Melindungi lantai dari kerusakan-kerusakan sehari-hari seperti paparan UV Light dan juga goresan
  3. Melindungi lantai dari kerusakan aktivitas industrial seperti paparan kimia dan juga beban berat

Untuk kebutuhan industri, coating lantai biasanya harus memiliki sifat tahan terhadap paparan aktivitas industri. Dan untuk keperluan semacam ini, pada umumnya digunakan coating yang kuat dari cat epoxy ataupun polyurethane. 

Nah, kali ini, KiaFinishing akan mengulas salah satu produk coating lantai di Indonesia yang diproduksi oleh PT Propan Raya.

Mengenal Cat Lantai Propan Polyfloor

Polyfloor merupakan coating dengan formula dasar epoxy 2K. Artinya, proses curingnya melibatkan pencampuran 2 komponen. 

Produk ini terdiri atas 3 varian yang memiliki kilap, kandungan solvent, dan cara penggunaan yang berbeda. Penting sekali memahami perbedaan ketiganya sebelum Anda memutuskan membeli salah satunya. 

Ketiga varian tersebut adalah: 

  1. Solvent Base = PFT-253-2K SB dengan kilap High Gloss, 1,80 kg-set/m2/lapis, dan kandungan solvent lebih tinggi
  2. Solvent Free = PFT-213-2K SF dengan kilap High Gloss, 1,5kg-set/m2/lapis, dan kandungan solvent lebih rendah
  3. Solvent Free Mastic = PFT-215 M-2K SF dengan kilap Semi Gloss, 1,6kg-set/m2/lapis, dan kandungan solvent lebih rendah

Untuk warnanya, ketiga produk tersebut tersedia dalam varian warna yang sama yang telah Kia upload gambarnya di atas. Jadi, perbedaan ketiganya terletak pada kilap lantai yang dihasilkan dan kandungan solvent.

Apabila Anda ingin cat lantai yang kilaunya tinggi, pilih varian 1 atau 2. Sedang bila Anda ingin lantai yang kilapnya tidak begitu tinggi (namun tetap mengkilap), maka pilih varian 3. Demikian pula, bila Anda ingin cat yang solvent free, silahkan pilih varian 2 dan 3. Sedangkan bila Anda tak masalah dengan kandungan solvent, pilihlah varian pertama.

Polyfloor tidak tersedia dalam varian kilau rendah seperti satin, matte, atau doff. Jadi, bila Anda mencari pelapis lantai non kilap tinggi, sebaiknya cari produk lain. 

Nah, sekarang mari kita lanjutkan membahas kelebihan, cara pakai, dan harga produk ini.

Kelebihan yang Ditawarkan 

Propan menyatakan bahwa cat lantai Propan Polyfloor ini hadir dengan beberapa kelebihan,  antara lain:

  1. Tanpa sambungan
  2. Sifat anti slip atau tidak licin
  3. Mudah dibersihkan
  4. Tahan air
  5. Hadir dengan warna sehingga memiliki fungsi dekoratif (memperindah)
  6. Penampilan mengkilap semi gloss dan high gloss
  7. Tahan terhadap tekanan tinggi
  8. Memiliki perekatan yang baik untuk bahan beton
  9. Tahan terhadap paparan bahan kimia
  10. Ketahanan terhadap abrasi yang bagus
  11. Memiliki sifat anti jamur 
Secara umum, kelebihan-kelebihan cat lantai Propan Polyflorr tersebut memenuhi untuk kebutuhan lantai industrial. Akan tetapi, perlu keterangan teknis lebih lanjut supaya produk benar-benar cocok untuk kebutuhan Anda. Misal, mengenai bahan kimia yang bisa "diatasi" lantai ini.

Beberapa pabrik membutuhkan lantai yang tahan bahan X sementara yang lain perlu lantai yang tahan bahan Y. Maka dari itu, sebaiknya, Anda tanya langsung ke pihak Propan untuk menanyakan resistensi lantai ini pada bahan yang Anda khawatirkan.

Adapun, untuk penggunaan pribadi, sifat-sifat lantai sudah jauh lebih dari cukup untuk penggunaan skala rumah tangga (misal, untuk lantai garasi dan lantai lapangan olahraga).

Cara Menggunakan Cat Lantai Propan Polyfloor

1. Persiapan (sama untuk semua varian)

Bersihkan lantai dengan cermat. Pastikan juga lantai tidak basah atau mengandung noda minyak. Dan yang tak kalah penting, siapkan alat-alat untuk aplikasi yang kualitasnya standar. Hindari menggunakan alat berkualotas rendah karena akan memengaruhi hasil pengecatan.

2. Pencampuran (tiap varian tidak sama)

Polyfloor adalah cat lantai epoksi 2 K yang sebelum digunakan harus dicampurkan komponennya. Pencampuran produk ini tergantung varian yang Anda beli.

  • PFT-253-2K SB : campurkan komponen A dan komponen B dengan rasio berat 4 : 1.
  • PFT-213-2K SF : campurkan komponen A dan komponen B dengan rasio berat 2 : 1
  • PFT-215 M-2K SF : campurkan komponen A dan  komponen B dengan rasio berat 7 : 1.

Silahkan aduk dengan memakai mixer selama 1-2 menit agar pencampurannya rata dan bagus.

3. Aplikasi (sama untuk semua varian)

Setelah komponen A dan B dicampur, tuangkanlah campuran itu ke lantai. Lalu, tarik dengan rubber  squeegee dan ratakanlah memakai rubber roller. 

Kemasan dan Harga Cat Lantai Propan Polyfloor Epoxy

Produk ini tersedia dalam kemasan 5 Kg dan 20 Kg (1 pail). Harganya:

  • Kurang lebih Rp. 2.350.000,- per 20 Kg 
  • Kurang lebih Rp. 600.000,- untuk kemasan 5 Kg

Catatan: Harga bisa berubah suatu saat nanti. Harga produk ini juga bisa berbeda dari satu kota (atau malah 1 toko) yang satu dengan yang lain. Gunakan harga di atas untuk kisaran uang yang harus Anda siapkan saja.

Pilih Cat Lantai Propan Polyfloor yang Mana?

Cat epoxy yang disediakan Propan ini merupakan satu dari berbagai produk coating lantai epoksi yang tersedia di pasaran. Apakah produk ini recommended dibeli atau tidak, tentu saja kami akan mengembalikan penilaian dan keputusannya pada Anda. Silahkan ditimbang-timbang mengenai tampilan yang ditawarkan, daya sebar, harga, hingga ketersediaannya di kota Anda.

Lantas, mana varian produk Polyfloor yang harus dibeli (bila tertarik dengan merk ini)? Lagi-lagi sesuaikan dengan keperluan Anda. Ketiga varian produk di atas memiliki perbedaan yang terletak pada harga, kilau cat, dan kandungan solvent.

Bila Anda butuh cat yang aman, saran kami, gunakan produk yang solvent free. Sebab produk solvent free lebih aman karena kandungan VOCs-nya lebih renah. Namun bila Anda justru memerlukan feature solvent based (seperti ketahanan yang umumnya lebih tinggi), maka silahkan pilih saja produk solvent based.

Harus Baca: 7 Kelebihan Lantai Epoksi

Terkait tingkat kilaunya, seperti diterangkan di atas, bila Anda menyukai lantai yang sangat mengkilap, pilihlah varian yang high gloss. Namun bila Anda justru tak suka dengan tampilan itu, silahkan beli varian yang semi gloss.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk pembaca sekalian. Simak terus ulasan produk cat seperti cat lantai Propan Polyfloor ini di Kiafinishing.com.

Posting Komentar untuk "Sebelum Beli Cat Lantai Propan Polyfloor, Baca Dulu Penjelasan Ini"