Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Indahnya 7 Ide Cat Rumah Mewah Terbaik Ini (Bisa Dicontek lho)

Apa ya jenis bahan finishing yang bisa memberikan kesan glamour? Dari texture paint hingga anti dust finishing, simak 5 rekomendasi cat rumah mewah ini. KiaFinishing akan memilihkan yang terbaik!

Beberapa di antara kita mencari cat yang memberikan nuansa warna lembut dan sederhana. Beberapa yang lain, menyukai finishing yang bertema vintage dan rustic. Namun, tak jarang juga di antara kita ingin cat yang bisa memberikan kesan glamour, mahal, luxury, dan berkelas.

Tiap ekspektasi tersebut bisa dipenuhi dengan cat yang tepat. Sebagai contoh, untuk kesan yang lembut, Anda bisa memilih pastel colour yang shabby chic. Sedangkan untuk kesan rustic di rumah berdinding kayu, Anda bisa membeli cat natural transparant.

Lalu bagaimana dengan kesan mahal dan glamour? Eits, banyak lho jenis cat yang memang dibuat dengan kualitas keindahan dan ketahanan sangat baik. Cat-cat seperti ini sangat cocok untuk Anda yang ingin mendapatkan kesan mewah dan berkelas.

Beberapa Inspirasi Cara Cat Rumah Mewah

Ada setidaknya 5 jenis produk yang bisa dipakai untuk kesan yang "luxurious". Silahkan disimak penjelasan dan contohnya di bawah ini.

1. Cat Tekstur

Cat tekstur mewah
Gambar: lushome

Texture paint atau cat tekstur merupakan produk cat yang bisa memberikan suatu kesan visual dan raba yang 3D. Varian yang tersedia sangatlah beragam. Ada texture paint yang membuat dinding tampak seperti beludru, berkelap-kelip keperakan, kerlip emas, berawan, dan lain sebagainya.

Harga cat tekstur jauh lebih mahal dibanding cat interior biasa. Dari survey yang kami lakukan, Anda harus menyiapkan setidaknya Rp. 250.000,- ke atas untuk 1 kg produk cat. Bandingkanlah dengan cat dinding biasa yang kemasan 5 kilogramnya bisa dibeli dengan harga 100an ribu rupiah.

Tapi worth it sekali hasilnya untuk penampilan yang luxurious! Ruangan terlihat benar-benar bagus dibanding bila dicat dengan cat dindin non tekstur. 

  • Beberapa merk yang menyediakan texture paint antara lain Decofresh, Vircan, cat tekstur Propan, Stucco, dan Nippon Momento.

2. Cat Glowing vs Matte

Pertimbangan yang perlu diperhatikan dalam pemilihan cat rumah mewah adalah terkait kilaunya. Tidak ada patokan di sini. 

Sebab tiap kilau bisa memberikan kesan glamour yang berlainan. Lihat saja contohnya di bawah. Untuk glossy paint, kesan mewah yang diberikan adalah kesan yang “mahal”, baru, dan ramai. Sedangkan untuk matte paint, kesan yang diberikan adalah kesan mewah yang lebih tenang dan berkelas. 

Mana lebih bagus? Well, tidak ada yang lebih unggul atau buruk. Silahkan pilih saja yang paling cocok dengan selera.

cat tembok high gloss
High gloss paint yang mewah. Gambar: wow1day.com

cat glamour
Cat dinding doff pun bisa memberikan kesan mahal. Gambar: Pinterest 

Terkait harganya, gloss hingga matte paint sangat beragam. Ada yang harganya standar (Rp. 120.000,- per 5 Kg). Namun ada juga yang harganya sangat mahal hingga Rp. 300.000,- per 5 Kg. Perbedaan harga tersebut disebabkan karena tawaran feature yang diberikan berbeda. Misalnya dari aspek keamanan dan ketahanan. 

3. Aplikasi Motif

Cat rumah mewah juga bisa diwujudkan dengan pengaplikasian motif. Sebenarnya, membuat motif pada permukaan cat adalah perkara teknis. Untuk menghasilkan motif, seseorang bisa menggunakan roll khusus atau menggambar secara langsung di dinding.

Cat Rumah Mewah
Gambar: Pinterest 

Namun tentu hasilnya tidak mewah apabila cat yang dipakai pun tidak bagus. Oleh sebab itu, bila ingin menghasilkan tampilan yang benar-benar glamor dan mahal, ada baiknya kita pun membeli cat tembok yang high quality.

Baca juga: Pilihan Warna Cat Minimalis Terbaik

4. Warna yang Berkelas

Tidak semua warna bisa memberikan kesan mewah. Warna hijau stabilo dan jingga cerah, contohnya. Warna tersebut lebih cocok untuk kesan segar, bukan untuk kesan mewah. Oleh karena itulah, penting sekali bagi kita untuk bisa memilih warna-warna yang secara khusus bisa memberikan kesan mahal. 

Beberapa contoh warna yang berkesan mahal dan berkelas adalah merah maroon, ungu, putih, abu-abu, biru yang elegan, hingga krem. Selain itu, warna-warna emas juga bisa dikombinasikan dalam finishing aksen pada dinding atau furniture dalam ruangan. 

cat rumah mewah
Gambar: pinterest.co.uk/pin/774971048366607037

5. Cat Rumah Mewah Tahan Debu

Dalam memilih bahan finishing yang “mahal”, seyogyanya kita juga memerhatikan ketahanan cat terhadap debu. Pilihlah cat yang tidak mudah menyerap debu dan juga mudah dibersihkan. Beberapa cat dinding sudah diformulasikan dengan feature ini sehingga Anda tak akan sulit mencari produk seperti ini di pasaran.

Untuk Sahabat yang memiliki anak, pemilihan cat yang mudah dibersihkan juga begitu krusial. Pasalnya, kebiasaan buah hati yang suka mencoret-coret di sana-sini bisa menyebabkan rumah terlihat kumuh dan kusam. Bila dindingnya mudah dibersihkan, tentu kesan itu bisa dihindari.

Harga cat tahan debu sendiri biasanya lebih mahal dari cat dinding interior biasa. Contoh produknya antara lain Dulux EasyClean, Nippon Spotless, dan lain sebagainya. Tiap merk cat tembok umumnya menyediakan varian yang tahan debu. 

Simpulan tentang Cat Rumah Mewah

Sahabat Kia, kita sudah sampai di akhir bahasan mengenai rekomendasi cat. Dari penjelasan panjang di atas, kita bisa mengatakan bahwa ada beberapa hal yang penting diperhatikan bila kita ingin mengecat dengan kesan yang mahal, berkelas dan glamour.

Beberapa hal tersebut antara lain, pemilihan texture paint, aplikasi motif, pemilihan warna yang berkesan "mahal", pemilihan tingkat kilau, hingga pemilihan cat yang mudah dibersihkan. Saran-saran tersebut penting diperhatikan bila Anda memang ingin ruangan atau rumah (dari luar) hadir dengan kesan yang berkelas.

Kurang lebih itulah yang bisa KiaFinishing sampaikan. Semoga tips membeli cat rumah mewah ini bermanfaat untuk kawan-kawan sekalian.

Posting Komentar untuk "Indahnya 7 Ide Cat Rumah Mewah Terbaik Ini (Bisa Dicontek lho)"