Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mau Beli Impra Wood Stain? Cek Dulu Katalog dan Harganya di Sini

Salah satu produk cat kayu yang populer di Indonesia adalah Impra Wood Stain. Seperti apakah produk ini? Berapa harga dan apa katalog warnanya? 

Di artikel terdahulu, KiaFinishing telah memuat artikel mengenai Wood Stain. Produk yang secara awam disebut dengan istilah cat kayu tersebut memiliki fungsi utama memberikan warna. Warna yang diberikan pun beragam tergantung pigmen dan dye yang dipakai. Ada warna natural hingga warna non natural (meski, istilah ini lebih sering dipakai untuk cat kayu natural yang transparan atau bening).

Impra Wood Stain

Dalam proses finishing, pewarnaan bisa diaplikasikan setelah wood filler, setelah primer, atau setelah sealer. Setelah itupun, kadang ada yang dilapisi top coat namun ada juga yang dilapisi sealer. Biasanya, tiap manufaktur memiliki rekomendasi penggunaan produk sendiri-sendiri. Jadi, kita wajib membaca rekomendasi cara pakai suatu produk sebelum menerapkannya.

Nah, di kesempatan ini, KiaFinishing akan membahas salah satu produk cat kayu yang namanya sudah sangat populer. Bila saat bicara dempul, orang familiar dengan istilah San Polac, maka saat bicara tentang cat kayu, orang pasti familiar dengan produk Propan Raya ini.

Impra Wood Stain

Ya! Cat kayu Impra memang merupakan salah satu cat kayu yang banyak digunakan di Indonesia. Cat kayu ini menawarkan produk stain yang transparan dengan warna-warna yang bagus. Karena pelarutnya thinner, maka produk ini tergolong dalam solvent based paint. Anda mesti hati-hati dengan bau dan efek VOCs pada mata saat menggunakannya.  

Data Teknis

  1. Daya sebar teoritis: 14,3 meter persegi per liter 
  2. Kemasan: 1 Liter, 5 Liter, 20 Liter
  3. Pengencer: thinner
  4. Alat aplikasi: spray gun, kuas, bal kain
  5. Rentang pengecatan: kurang lebih 15 menit
  6. Kondisi ideal untuk aplikasi: suhu 25 hingga 35 derajat celcius, dan RH 60 hingga 80%
  7. Pengenceran: sekiranya diperlukan

Katalog Warna Impra Wood Stain

Sahabat Kia, produk cat kayu Impra ini telah hadir dengan berbagai pilihan warna. Terdapat warna-warna dalam tone yang natural, namun ada juga warna-warna non natural seperti biru. Lihat saja beberapa (tidak semua) contoh warna untuk cat kayu ini.

katalog warna impra wood stain
Katalog warna Impra, sumber: Propan

Bagaimana? Menarik, bukan? Warna-warna tersebut cocok sekali diaplikasikan untuk berbagai keperluan. Kita bisa menggunakannya untuk mengecat meja, kursi, lemari, dan lain sebagainya.

Cara Pakai

  1. Persiapan kayu: amplas kayu supaya halus. Gunakan kertas amplas nomor 180.
  2. Gunakan Wood Filler yang cocok dengan Impra Wood Stain. Tunggu kering, setelah itu, amplas lagi sampai hanya filler yang berada di pori-pori kayu yang tersisa. Gunakan amplas nomor 240.
  3. Aplikasikan wood stain dari Propan ini. Ratakan dengan kain agar hasilnya bagus. Cat bisa diaplikasikan dengan kuas ataupun dengan spray gun.
  4. Tunggu hingga kering.
  5. Aplikasikan sealer tipis saja. Setelah itu, tunggu hingga kering lagi.
  6. Amplas sealer pelan-pelan dengan kertas amplas nomor 400.
  7. Aplikasikan pernis atau top coat dengan kilap sesuai selera Anda.

Metode di atas adalah metode “standar”. Kita bisa menerapkan metode lain untuk hasil yang lain pula. Pada website Propan sendiri, diterangkan juga cara penggunaan Impra Wood Stain untuk finishing atas dan finishing bawah.

Apa itu finishing atas? Finishing atas merujuk pada finishing pada top coat (toning) atau sealer (shading). Dalam hal ini, kita bisa mencampurkan saja wood stain ke pernis atau sealer bening yang kita gunakan. Hasilnya akan membuat warna lebih “lembut” dengan warna kayu yang tampak lebih seragam.

Lalu apa yang dimaksud dengan finishing bawah? Finishing bawah merujuk pada aplikasi cat kayu secara langsung tanpa wood filler. Cat pun dengan demikian akan masuk ke dalam pori-pori kayu dan memberikan “look” yang sangat berkarakter.

Kemasan dan Harga Impra Wood Stain

Sebagaimana dijelaskan di atas, produk ini hadir dalam 3 kemasan yakni 1 liter, 5 liter, dan 20 liter. Harga untuk tiap-tiap kemasan tersebut adalah:

  1. 1 Liter: Rp. 70.000,-
  2. 5 Liter: Rp. 300.000,- hingga Rp. 575.000,- (tergantung warna)
  3. 20 Liter: Rp. 1.900.000,- (tergantung warna)

Apakah Produk ini Kia Rekomendasikan?

Semua produk pada dasarnya memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri. Yang terpenting, produk tersebut cocok dengan keperluan dan ekspektasi kita. Oleh sebab itu, kita perlu memerhatikan suatu produk dari berbagai aspek mulai dari warna, harga, sampai keamanannya.

Jadi, apakah Impra Wood Stain ini recommended atau tidak, tentu saja kembali pada apa yang teman-teman kehendaki. Yang penting adalah menggunakannya dengan bahan yang cocok. Sebagai contoh, karena produk ini berkategori solvent based, sebaiknya kita pun menggunakan sealer, top coat, atau bahan finishing lain yang solvent based. Dengan demikian, hasil finishing akan terlihat indah sesuai yang kita harapkan.

Posting Komentar untuk "Mau Beli Impra Wood Stain? Cek Dulu Katalog dan Harganya di Sini"