Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini 7 Kelebihan Lantai Epoksi serta Kekurangannya yang Perlu Anda Tahu

Mari, simak kekurangan dan kelebihan lantai epoksi di bawah ini. Gunakan sebagai pertimbangan apabila Anda ingin menggunakan coating lantai tersebut.

Kelebihan Lantai Epoksi

Kekurangan dan Kelebihan Lantai Epoksi

Coating epoksi pada dasarnya merupakan coating 2K yang proses curingnya melibatkan base dengan resin. Epoxy banyak dipilih untuk keperluan industri karena sifatnya yang sangat resisten dan juga menarik secara visual. 

Tertarik menggunakan produk ini? Bila iya, sebaiknya simak dulu kelebihan dan kekurangan lantai tersebut. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan produk terbaik yang memang sesuai dengan keperluan.

Kita mulai dulu dengan membahas kelebihan lantai epoksi, ya.

1. Indah

Manufaktur cat lantai dengan formula epoksi menyediakan berbagai pilihan warna yang sangat menarik. Misalnya, warna biru, merah, putih, abu-abu, hitam, kuning, beige, dan lain sebagainya.

Kilapnya pun pada umumnya tinggi dari high gloss hingga semi gloss. Perpaduan warna-warna solid dengan kilap yang tinggi menghasilkan keindahan tersendiri pada ruangan di mana cat lantai ini diaplikasikan.

Selain itu, permukaan lantai biasanya mulus dan rata. Sifatnya yang mudah dibersihkan pun akan membantu Anda menjaga lantai agar senantiasa terlihat indah dan menawan.

Ingin memodifikasi warna lantai ini? Sangat bisa, dan inilah memang salah satu kelebihan lantai epoksi yang amat menarik. Bila Anda sudah ahli, Anda bisa membuat tampilan yang begitu cantik dengan modifikasi atau perpaduan dua atau lebih cat epoksi.

2. Durabel dan Tahan Lama

Lantai epoksi, tak diragukan lagi merupakan lantai yang durable. Selain itu, dibanding material cat atau coating lainnya, lantai ini memiliki masa pakai yang lama. 

Jadi, Anda tak perlu repot-repot menggantinya terlalu sering. Sebab produk ini memang termasuk dalam heavy duty coating yang bisa diandalkan untuk kebutuhan-kebutuhan dengan syarat-syarat yang tinggi.

3. Murah 

Keterjangkauan suatu produk bukan hanya dipengaruhi oleh nominalnya saja. Keterjangkauan suatu produk juga dipengaruhi oleh berbagai faktor mulai dari hitungan penggunaan per ukuran tertentu sampai kebutuhanpembelian bahan lainnya. 

Dalam hal ini, salah satu kelebihan lantai epoksi yang sangat menonjol adalah harganya yang murah. Bila dihitung-hitung, cost atau biaya coating per luas tertentu untuk membeli produk ini, tetap lebih murah dibanding coating heavy duty yang lain. 

Selain itu, produk ini juga bisa diaplikasikan langsung ke lantai. Sehingga proses instalasinya pun secara umum lebih terjangkau. 

4. Resisten

Epoksi memiliki resistensi yang sangat baik terhadap berbagai paparan mulai dari air, panas, beban yang berat, berbagai bakteri dan mikroba, berbagai bahan kimia, pemutih, dan lain sebagainya. 

Namun penting dicatat bahwa terkait dengan resistensinya terhadap bahan kimia, epoxy tidak secara universal tahan terhadap semua bahan kimia. Anda harus mencari tahu apa saja bahan kimia yang bisa "ditangkal" tiap produk cat epoksi yang hendak Anda beli.

Selain itu, meski produk ini memiliki resistensi panas yang baik, akan tetapi epoksi bukan “the best” dalam hal ini. Sebab, material ini kurang elastis apabila dibandingkan dengan coating lain seperti Polyurethane. Penggunaannya di area yang suhunya fluktuatif harus dipertimbangkan masak-masak.

5. Melindungi dengan Efektif

Kelebihan lantai epoksi lainnya terletak pada kemampuannya melindungi lapisan lantai di bawahnya. Bagaimana tidak? Dengan sifat resisten terhadap berbagai faktor merusak, tentu saja lapisan di bawahnya pun akan terlindungi dengan sangat baik.

6. Memiliki Berbagai Variasi

Sudah sangat banyak manufaktur cat yang memproduksi epoxy coating ataupun cat epoksi. Tiap produk menawarkan feature yang berbeda-beda. Ada yang memiliki feature anti slip, feature solvent free, dan lain sebagainya. Dengan pilihan yang beragam ini, Anda pun bisa membeli produk yang sekiranya paling sesuai dengan keperluan.

7. Kelebihan Lantai Epoksi dari Aspek Keamanan

Room safety merupakan sesuatu yang krusial dalam berbagai keperluan. Epoksi yang hadir dengan kilap tinggi dan warna-warna cerah cara tidak langsung meningkatkan keamanan ruangan. 

Cat ini akan memantulkan cahaya sehingga membuat ruangan lebih cerah. Dus, imbas baiknya, ruangan jadi terlihat lebih jelas sehingga kita bisa menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Kelebihan ini memang jarang sekali disebutkan. Akan tetapi, keunggulan tersebut akan benar-benar terasa penting apabila masalah room safety menjadi perhatian untuk Anda.

Kita Sudah Bahas Kelebihan Lantai Epoksi, Lantas Apa Kekurangannya?

Di atas, kita telah membahas mengenai beberapa keunggulan yang akan Anda dapatkan apabila Anda menerapkan lantai ini. Secara umum, kita bisa meringkas beberapa poin kelebihan lantai ini antara lain sifatnya yang indah, durabel serta tahan lama, murah, resisten, memberikan perlindungan pada lapisan di bawahnya, dan meningkatkan keamanan ruangan.

Namun sebagaimana bahan lain pada umumnya, epoxy pun tidak lepas dari kekurangan-kekurangan yang menyertainya. 

Untuk membahas apa saja kelemahan atau “cons” dari lantai ini, silahkan simak bagian kedua artikel kekurangan dan kelebihan lantai epoksi di 7 Kekurangan Lantai Epoksi.

Semoga artikel inibermanfaat, ya. Terus update berbagai informasi menarik lainnya di Kiafinishing ya.

Posting Komentar untuk "Ini 7 Kelebihan Lantai Epoksi serta Kekurangannya yang Perlu Anda Tahu"