Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mau Beli Mobil Matte? Sebaiknya Pahami Kekurangan Kelebihannya Dulu

Apakah Anda sedang bermaksud untuk membeli mobil matte? Bila iya, mari baca informasi ini dulu. Kia akan terangkan plus minus atau kelebihan dan kekurangan membeli mobil tersebut.

Meskipun tidak sebaik China, akan tetapi ekonomi Indonesia mengalami perkembangan yang baik beberapa tahun belakangan ini. Dampak yang dirasakan masyarakat pun lumayan signifikan dengan daya beli yang bergerak ke arah yang positif. Salah satunya daya beli terhadap kendaraan roda empat, mobil.

Saat ini, keluarga-keluarga Indonesia semakin banyak yang memiliki moda transportasi tersebut. Selera masyarakat mengenai kendaraan ini juga kian berkembang. Mereka yang memiliki uang lebih tak segan membeli tipe yang dianggap lain daripada yang lain. Salah satunya adalah mobil dengan kilap rendah atau doff (matte). 

Baca juga: Tentang Tingkat Kilap Cat

Apa sih Mobil Matte itu?

Sahabat Kia, pernahkah Anda melihat mobil di bawah ini? Apa yang Sahabat pikirkan? 

mobil hitam matte

Kebanyakan di antara kita tak pernah melihat moda transportasi beroda empat tersebut dalam penampilan di atas. Kita selalu melihat mobil yang mulus dan mengkilap baik di jalanan ataupun di iklan TV. Kalaupun kita melihat yang seperti gambar di atas, paling-paling hanya satu atau dua kali. Itupun, banyak di antara kita yang mengiranya sedang rusak atau habis mengalami kecelakaan.

Mobil di atas adalah mobil yang disebut berkilap rendah atau matte. Dalam dunia finishing, kilau suatu permukaan bisa dibagi menjadi high gloss (sangat mengkilap), gloss, semi gloss, satin, egg shell, doff, dan ultra matte (sangat tidak berkilap).

Pada umumnya, mobil difinish dengan kilap yang tinggi. Namun karena adanya permintaan pasar (meski tak banyak), kadang-kadang manufaktur kendaraan itu pun memproduksi produk yang kilaunya rendah.

Contoh Gambar Mobil Matte

Agar lebih jelas mengenai mobil yang kilaunya rendah, yuk lihat beberapa contohnya di bawah ini.

mobil matte
Image source: carscoops.com
mobil matte warna biru

Seperti ditunjukkan pada gambar, selain hadir dengan warna klasik “black matte” alias doff yang hitam, banyak tipe mobil ini hadir dengan tampilan warna lain. Termasuk di antaranya adalah warna duco pastel seperti biru, sampai warna hijau army yang memberikan kesan gagah dan sangat maskulin.

Ya, memang ada sangat banyak varian mobil seperti ini. Meski, yang paling umum adalah warna hitam. 

Kelebihan dan Kekurangan 

Apakah Sahabat hendak membeli mobil matte? Di pasaran, beberapa brand kenamaan memang menyediakan produknya dalam kilau doff. Contohnya Hyundai dan Mercedes. Beberapa serinya tersedia dalam tampilan berkilau rendah.

Akan tetapi, sebagaimana mobil lain pada umumnya, tampilan seperti ini pun hadir dengan kekurangan dan kelebihan tersendiri lho. Jadi, sebelum Anda membelinya, ada baiknya mempertimbangkan plus minus alis pros and cons-nya terlebih dahulu.

Kelebihan Mobil Matte

1. Tampilan Unik dan Tak Biasa

Ya, tak dapat dipungkiri. Di antara deretan tampilan yang mulus, mengkilap, dan bahkan sparkling, tampilan cat doff memang terlihat unik. Beberapa memberikan kesan yang misterius dan mahal. Sedangkan beberapa yang lain, memberikan kesan militeristik (apabila difinish atau dimodifikasi dengan pola loreng ala baju tentara).

2. Harga Jual Cukup Bersaing

Seiring dengan semakin banyaknya orang yang menyukai dan bisa membeli mobil, varian produk seperti ini akan semakin banyak dicari. Dan karenanya, harga second mobil doff pun cukup bersaing dibandingkan yang lain.

Kekurangan Mobil Matte

1. Harga Lebih Mahal

Cat dengan kilau rendah hampir selalu lebih mahal daripada cat yang kilaunya tinggi. Karena itu, biaya pembuatan mobil dengan kilau rendah pun pasti lebih tinggi. Anda harus siap-siap menambah dana mulai dari 10 hingga 35 juta rupiah untuk mendapatkan mobil dengan seri sama namun kilapnya doff.

2. Perawatan Lebih Mahal dan Sulit Dicari

Kebanyakan produk car care (perawatan mobil) didesain untuk permukaan satin hingga high gloss. Padahal, perawatan mobil doff memerlukan spesifikasi tersendiri. Karena jumlah produk perawatannya lebih jarang, jangan kaget bila Anda harus merogoh kocek lebih dalam dan menghabiskan waktu ekstra untuk mencarinya.

Baca juga: Pengertian dan Contoh Cat Glossy

3. Pilihan Lebih Sedikit

Tak banyak manufaktur yang memproduksi mobil matte dengan tampilan ini. Sebab mobil seperti ini peminatnya memang belum banyak. Oleh sebab itulah pilihan Anda lebih sedikit. 

4. Debu dan Kotoran Lebih Mudah Menempel

Permukaan matte memang biasanya lebih mudah ditempeli debu dan juga kotoran. Karenanya, mobil harus dibersihkan secara teratur dan lebih sering.

5. Kerusakan akibat Sinar UV dan Goresan Sulit Diatasi

Goresan dan paparan sinar UV bisa merusak tampilan mobil. Pada matte car, masalah ini sangat krusial sehingga perawatannya perlu dilakukan secara khusus.

Opsi Mendapatkan Mobil Matte

Selain membeli, ada opsi lain untuk mendapatkan kendaraan impian Anda ini. Misalnya saja dengan modifikasi. Ada banyak produk cat yang sesungguhnya bisa diaplikasikan untuk mewujudkan mobil dengan kilau matte. Tanya saja ke bengkel langganan Anda. 

Namun bila harga catnya masih dirasa terlalu mahal, pertimbangkan untuk menggunakan semacam sticker wrapping. Tersedia car wrapping yang lebih terjangkau dengan hasil yang bagus untuk tampilan ini.

Simpulan

Sahabat Kia, dari penjelasan panjang di atas, ada beberapa poin yang dapat kita simpulkan.

  1. Mobil doff alias matte adalah mobil yang difinish dengan clear coat kilau rendah.
  2. Meski jarang, namun mobil ini mulai dilirik pasar.
  3. Tampilannya yang lain daripada yang lain membuatnya unggul
  4. Namun harga produk ini lebih mahal. Perawatannya juga lebih sulit dan membutuhkan biaya besar.
  5. Karenanya, sebelum membeli, pastikan dulu Anda mempertimbangkan poin-poin plus dan minusnya.

Semoga informasi tentang mobil matte ini bermanfaat ya.

Posting Komentar untuk "Mau Beli Mobil Matte? Sebaiknya Pahami Kekurangan Kelebihannya Dulu"