Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Yuk Contek 7 Pilihan Warna Cat Rumah Kayu yang Bagus-bagus Ini

Beragam desain dan warna cat rumah kayu bisa membuat suasana lebih seru! Ada warna shabby chic, rustic, natural high gloss, dan lain sebagainya. Yuk, simak saja contohnya di bawah ini.

Kenapa Rumah Kayu?

Bagi Anda yang tinggal di luar Jawa, pasti tidak asing bukan dengan rumah kayu? Di banyak tempat di Indonesia, khususnya di luar jawa, rumah-rumah kayu masih dengan mudah ditemukan di daerah pedesaan bahkan perkotaan. 

Alasannya karena jumlah kayu yang masih begitu banyak. Dalam hal ini, membangun rumah kayu pun lebih rumah dibanding membangun rumah tembok.

Warna Cat Rumah Kayu yang Bagus
Image: pinterest

Hal ini berkebalikan dengan di Jawa. Di pulau jawa, ketika Anda membangun rumah kayu, artinya Anda adalah orang kaya. Sebab harga material kayu memang teramat mahal di pulau ini.

Namun, menepis semua perbedaan itu, kita bisa sepakat bahwa rumah kayu memang menarik. Dengan bahan natural, bangunan terasa lebih nyaman, hangat, membumi, damai, dan sekaligus menyenangkan. 

Nah, buat Anda yang memiliki rumah kayu, yuk simak salah satu cara untuk membuat hunian tersebut jadi semakin indah ini. Simak beberapa ide pengecatan rumah di bawah ini.

7 Pilihan Warna Cat Rumah Kayu yang Bagus

1. Warna Pastel Shabby Chic

Desain shabby chic memiliki ciri khas berupa penggunaan warna pastel yang lembut. Misalnya merah muda (pink), biru lembut, hijau pastel yang lembut, hingga putih dan kuning gading. Warna-warna shabby chic ini pun bisa diterapkan di rumah lho. 

Buat Anda yang ingin rumahnya terlihat bak rumah boneka Barbie, aplikasikan tips ini. Dan sebagai gambaran seperti apa rumah kayu yang shabby chic, perhatikan contoh gambar di bawah ini.

kamar dinding kayu shabby chic
Image: pinterest

Produk yang harus dibeli: 

  • Putty warna putih sebagai dempul kayu
  • Primer 
  • Wood stain warna pastel 
  • Top coat clear kilau sedang (hindari semi gloss dan high glossy)
  • Alat-alat untuk mengecat

2. Warna Rustic

Pilihan warna cat rumah kayu yang menawan berikutnya jatuh pada tampilan rustic. Rustic adalah sebuah gaya finishing ala pedesaan. Namun, karena berasal dari Amerika dan Eropa, tampilan pedesaan yang dimaksud lebih ke pedesaan negara-negara tersebut.

Umumnya, kayu dicat dengan warna natural transparan dan kilau egg shell ke bawah (misalnya matte). Penggunaan kayu yang matanya banyak seperti pinus juga akan menguatkan kesan rustic.

Warna cat rumah kayu daur ulang
Warna cat rumah kayu rustic Image source: digsdigs

Contoh gambar rumah rustic:

  • Produk yang harus dibeli:
  • Wood Filler warna yang mirip dengan warna kayu
  • Clear primer atau sealer
  • Wood stain natural transparent
  • Top coat clear pernis kilau rendah
  • Alat-alat untuk mengecat

3. Warna Kayu Daur Ulang (Recycled)

Suka dengan kesan yang tidak biasa? Apabila iya, mungkin Anda bisa mempertimbangkan untuk mengecat bangunan dengan warna kayu daur ulang atau recycled. Agar tidak bingung, langsung saja lihat contoh gambar di bawah ini.

rumah kayu vintage

Untuk membuat finishing dengan warna cat rumah kayu tersebut, ada teknik khusus yang harus diaplikasikan. Misalnya mengamplas sebagian wood stain supaya warna terlihat rusak. Baru setelah itu, pernis digunakan. Selain itu, untuk menambah kesan lawas, Anda bisa memanfaatkan penggunaan kayu bekas peti kemas.

Produk yang harus dibeli disesuaikan dengan warna yang ingin diwujudkan. Bila ingin warna natural, ikuti contoh produk kedua. Sedangkan bila ingin warna solid pastel, ikuti contoh produk pertama, namun dengan pilihan warna yang tidak berkesan lembut saja.

4. Warna Natural Mewah

Bagaimana bila Anda ingin rumah kayu yang mewah? Tentu saja boleh! Kesan mewah juga bisa didapatkan dari rumah dengan bahan kayu. Untuk pilihan warnanya sendiri, pilih saja natural transparent color dengan kilau semi gloss dan glossy. Kilau yang tinggi tersebut akan membuat kesan mewah semakin kuat. 

rumah kayu mewah
Image: Defundtheitu.org

Untuk warna cat rumah kayu ini, Anda perlu membeli:

  • Wood Filler warna yang mirip dengan warna kayu
  • Clear primer atau sealer
  • Wood stain natural transparent
  • Top coat clear kilau tinggi (semi gloss, gloss, high gloss)
  • Alat-alat untuk mengecat

5. Warna Bernuansa Laut

Siapa yang tak suka dengan lautan yang menawan? Nah, buat rekan Kia yang menyukai lautan, cobalah menerapkan warna dengan gaya beach style tersebut. Coba lihat indahnya contoh gambar rumah bertema lautan dan pantai di bawah ini.

Warna Cat Rumah Kayu yang Bagus
Image: pinterest

Produk yang harus dibeli tergantung warna yang hendak Anda aplikasikan. Bila Anda ingin warna natural color, maka belilah wood stain, sealer clear, wood filler, dan pernis kilau sedang. Sedangkan untuk warna solid seperti biru, maka belilah dempul, primer, wood stain warna solid, hingga pernis lilau sedang.

6. Warna Cat Rumah Kayu Etnik Tradisional

Untuk pilihan tampilan ini, Anda perlu menyesuaikan dengan pilihan warna yang khas untuk setiap etnik yang dimaksud. Jadi, di sini Kia tak bisa memberikan saran seperti yang lain. 

ukiran dayak
Image: borneotouralesa.com

7. Minimalis dan Modern 

Kata siapa rumah kayu tidak bisa hadir dengan tampilan minimalis dan modern? Bisa lho. Caranya juga tidak sulit. Lihat saja di bawah ini. 

rumah kayu minimalis
Images: wallpaper.com

Baca: Info Terbaru Harga Dempul 2021

Pilih saja warna-warna yang cocok dengan gaya minimalis atau modern. Misalnya warna natural kayu, putih, abu-abu, dan lain sebagainya. Selain itu, sebaiknya pilih kayu yang bukan berbentuk panel memanjang yang kecil. Sebab kesan tersebut kurang cocok dengan gaya minimalis.

Rekan Kia, kurang lebih itulah 7 contoh warna cat rumah kayu yang bagus. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kawan-kawan sekalian ya. 

Posting Komentar untuk "Yuk Contek 7 Pilihan Warna Cat Rumah Kayu yang Bagus-bagus Ini "