Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pilihan Terbaik Warna Cat Rumah Minimalis yang Bisa Kamu Contek

Untuk membangun sebuah rumah dengan desain minimalis, diperlukan tampilan yang tepat. Nah, kali ini, Kia akan membagikan 7 pilihan warna cat rumah minimalis yang tepat sekaligus bagus.

Kenapa tepat? Sebab, Kia sering sekali mendapati orang-orang mencampur-adukkan gaya minimalis dengan gaya modern. Kedua desain ini sekilas memang mirip. Dua-duanya tak suka detail yang “artsy” seperti ukiran ataupun sentuhan yang terlalu etnik. 

Keduanya menekankan pada kesederhanaan yang sesuai dengan zaman sekarang. Efisienitas dan efektivitas manusia modern tercermin pada tampilan yang tone-nya tunggal dan garis-garis yang lebih tegas.

Akan tetapi, terdapat perbedaan lumayan besar antara gaya minimalis dengan gaya modern. Secara umum, kita bisa mengatakan bahwa gaya modern lebih tegas dalam hal warna ataupun garis. Misalnya, penggunaan cat biru tua, oranye, hingga merah yang lazim pada desain modern tapi “a big No” pada gaya minimalis. 

Nah, biar tidak salah pilih, di kesempatan ini KiaFinishing akan membagikan beberapa pilihan warna untuk gaya minimalisme yang cantik menawan.

7 Warna Cat Rumah Minimalis

1. Krem

warna cat rumah minimalis

Krem merupakan salah satu warna yang cocok diaplikasikan pada berbagai style design. Untuk gaya minimalis pun, krem bisa memberikan sentuhan yang bagus. 

Memang tampilan  ini bukan “core” atau yang utama minimalisme, akan tetapi keberadaannya membuat gaya minimalis lebih hangat dan membumi tanpa keluar dari pakem minimalisme.

2. Putih

Cat dengan warna putih adalah cat yang tak boleh Anda abaikan ketika hendak mem-finish dinding kamar bertema minimalis. Putih memberikan kesan lengang, efisien, dan juga efektif. Kesan-kesan itu pun menguatkan kesan damai yang cocok dengan gaya ini.

ruang minimalis
Gambar: bocadolobo

3. Hitam

Sebagai pengimbang putih, kita juga bisa memanfaatkan hitam sebagai warna cat rumah minimalis. Hitam akan membuat ruangan terlihat lebih tegas tapi tidak “ceria” seperti tampilan solid modern. Hitam pun menghadirkan tone netral yang penting pada gaya ini.

Warna Cat Rumah Minimalis
Gambar: Pinterest (id.pinterest.com/pin/522206519272761783)

4. Abu-abu

Bila Anda merasa hitam terlalu kuat, pilih saja abu-abu. Setelah putih, abu-abu adalah pilihan paling “aman” untuk menciptakan ruang atau fa├žade bangunan dengan gaya ini. 

kamar abu-abu

5. Kayu Natural

Tahukah Anda bahwa gaya minimalis merupakan suatu gaya yang terpengaruh oleh style desain Jepang yang mengutamakan keseimbangan dan alam? Karena itulah, visual kayu natural  cocok diaplikasikan pada style design ini. 

Eits, bukan berarti ruangan didominasi visual kayu natural ya. Seperti krem, gunakan saja visual ini sebagai penyeimbang di dalam ruangan agar kesan hangat, damai, dan “zen” hadir.

warna cat rumah minimalis
Tampilan natural kayu cukup diaplikasikan pada mebel atau salah satu aksen ruangan. Gambar: Pinterest (id.pinterest.com/pin/415105290641699705)

6. Warna Pastel Lembut

Asalkan tidak begitu kuat, kita bisa memberikan sedikit sentuhan cat tembok warna pastel pada rumah dengan gaya ini. Namun ingat, pilih produk cat rumah minimalis yang benar-benar memberikan kesan lembut. Selain itu, jangan mengaplikasikannya terlalu banyak. Kesan lembut yang berlebihan bukanlah kesan yang cocok untuk gaya desain ini.

kamar minimalis biru
Contoh aplikasi warna biru pada ruangan berdesain minimalis. Supaya kesan lebih kuat, penggunaan warna terang seperti kuning pada kursi bisa diganti dengan warna lain. Gambar: thespruce.com

7. Warna Semen dan Perak

Ingin rumah yang bukan hanya berkesan efektif dan efisien namun juga sedikit mewah? Bila iya, pilihlah warna semen dengan perak yang cocok. 

Tampilan yang keperakan bisa dihadirkan lewat perabot ataupun lewat wallpaper pada suatu ruangan. Tak percaya bahwa pilihan ini cocok? Coba lihat contoh indahnya di bawah ini. Menarik, bukan?

Baca juga : Harga Cat No Drop dan Katalog Warnanya

warna cat rumah minimalis
Gambar: Aliexpress


Tips Lainnya di Luar Masalah Warna Cat Rumah Minimalis

Di atas kita sudah membahas warna-warna yang bagus untuk gaya ini. Tapi ingat, selain memilih warna yang tepat, kita juga harus bisa memilih cat berdasarkan tingkat kilap yang tepat untuk menciptakan kesan minimalis. 

Secara umum, kilap satin, matte, dan egg shell bisa dikombinasikan satu sama lain. Kilau matte (doff) adalah kilau yang paling rendah. Kilau ini bisa memberikan kesan sederhana yang kuat. Adapun, kilau eggshell dan satin merupakan tingkat kilap sedang-rendah (middle lower). Keduanya bisa memberikan kesan lengang dengan sentuhan yang tepat.

Baca juga: Tips Membeli Cat Rumah Kayu

Bagaimana dengan cat yang kilapnya tinggi atau cat gloss? Well, ide utama gaya minimalisme ialah efektivitas dan efisiensi. Kilap cat yang tinggi agak bertabrakan dengan kedua nilai tersebut. Kalaupun kita memilih cat yang glowing, perlu bagi kita untuk memadukannya dengan cat lain yang kilaunya lebih rendah.

Nah, kiranya itulah bahasan yang bisa Kia sampaikan. Di atas, kita sudah membahas panjang  mengenai contoh-contoh cat yang bagus untuk desain minimalistic. Dari pembahasan panjang itu, ada beberapa poin yang dapat kita ringkas:

  • Gaya minimalisme berbeda dengan gaya modernisme. Style desain modern umumnya menggunakan garis dan tampilan yang lebih tegas.
  • Beberapa contoh yang bagus untuk gaya yang minimalis ialah krem, putih, hitam, abu-abu, kayu natural, color palet pastel lembut, dan juga perak.
  • Selain memilih warna yang tepat, hendaknya kita juga bisa memilih cat berdasarkan tingkat kilaunya dengan baik.

Semoga informasi tentang warna cat rumah minimalis ini bermanfaat untuk Sahabat Kia! Sampai jumpa di artikel bermanfaat lainnya di Kiafinishing.com.

Posting Komentar untuk "Pilihan Terbaik Warna Cat Rumah Minimalis yang Bisa Kamu Contek"