Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Kriteria Cat Rumah yang Bagus yang Bisa Dilihat dari Kemasannya

Bingung menentukan cat rumah yang bagus? Bila Anda masih awam terkait dunia pengecatan, mari simak poin-poin di bawah ini yang bisa diperiksa di label atau kemasan kaleng cat.

Kualitas suatu produk cat sebenarnya bisa ditentukan secara teknis. Misalnya mengenai cepat dan lamanya warna lapisannya berubah, elastisitasnya, dan kandungan-kandungan di dalamnya. Namun, bila Anda orang awam, tentu saja bahasan tersebut agak memusingkan. Apalagi bila sudah diberi data teknis berupa angka-angka.

Cat Rumah yang Bagus

Namun demikian, bila kita hendak mengecat rumah, sedikit banyak tentu kita harus bisa membeli cat yang bagus. Dan karena itu, di kesempaatan ini, Kiafinishing akan membagikan beberapa tips yang mudah dipahami saat hendak memilih cat rumah. Poin-poin ini bisa dilihat dari label kemasan produk hingga pengalaman orang lain.

5 Ciri Penting Cat Rumah yang Bagus

1. Indoor untuk Indoor, Outdoor ya untuk Outdoor

Secara garis besar, cat tembok bisa dibagi dua menurut kegunaannya. Pertama adalah cat indoor untuk mengecat tembok dalam ruangan, dan kedua adalah cat outdoor untuk mengecat tembok luar ruangan. Keterangan indoor vs outdoor ini biasanya dicantumkan dengan jelas pada kaleng cat.

Cat outdoor memiliki ketahanan ekstra dibanding cat indoor. Dengan demikian, bila Anda hendak mengecat kamar atau ruang tamu, Anda bisa membeli cat indoor ataupun outdoor. Namun bila Anda hendak mengecat luar ruangan, belilah cat khusus outdoor saja. Jangan pernah membeli cat indoor untuk eksterior karena hasilnya pasti cepat rusak.

Sayangnya, yang Kia perhatikan, banyak sekali orang Indonesia yang membeli cat indoor atau interior padahal hendak mengecat dinding luar. Mereka mengira semua produk cat itu sama saja. Padahal, sekali lagi, pasti cat tersebut mudah rusak sebab cat indoor memang tidak dibuat tahan terhadap sinar matahari langsung, hujan, panas, debu, dan lain sebagainya.

2. Aman Digunakan

Kriteria lain yang perlu diperhatikan dalam memilih cat rumah yang bagus adalah tingkat keamanannya. Sekarang, silahkan saja lihat kemasan cat yang pernah Anda beli.

Cat yang keamanannya sangat tinggi pasti mencantumkan keterangan “Green Label” dari lembaga terpercaya pada kemasan kalengnya. Artinya cat tersebut menggunakan pelarut air (bukan thinner) dan tidak mengandung logam berat dalam jumlah yang ditentukan.

Bagaimana dengan cat yang tidak punya green label? Apa tidak pantas dibeli? 

Well, bukan begitu. Tiap produk cat yang dijual pasti sudah memenuh standar keamanan nasional Indonesia. Hanya saja, cat yang punya green label menawarkan level keamanan ekstra. Jadi bila Anda ingin membeli yang “terbaik dari yang terbaik”, gunakanlah kriteria keamanan ini.

Selain berdasarkan labelnya, kadang kita bisa membedakan keamanan cat menurut pengencernya lho.A Saat ini, ada cat tembok yang pelarutnya air, namun ada juga yang pelarutnya thinner. Secara umum, cat yang pelarutnya air lebih aman karena tidak mengandung zat VOCs yang toksik yang banyak terdapat pada thinner.

Informasi tentang jenis cat dinding di Indonesia bisa Anda baca di artikel 15 Merk Cat Tembok Indonesia.

3. Indah

Salah satu fungsi pengecatan adalah memperindah suatu produk. Warna yang diformulasikan dalam produk mendukung fungsi ini. Karena itulah, dalam menentukan apakah suatu produk termasuk cat rumah yang bagus atau tidak, kita perlu melihat keindahannya.

Sebenarnya, bicara soal estetika memang subjektif. Namun, kita bisa menggunakan penilaian yang objektif seperti:

  • Ketahanan warna (apa warna cepat kusam atau tidak)
  • Kesesuaian warna dengan iklannya

Memang tidak mudah menentukan apakah warna suatu cat kusam atau tidak, atau apakah hasilnya sesuai dengan labelnya atau tidak. Dalam hal ini, Anda bisa memanfaatkan pengalaman kawan Anda yang lain.

Nah bila Anda perlu inspirasi warna cat yang bagus, di KiaFinishing sudah ada beberapa artikel yang dapat membantu.

  1. Contoh Warna Cat Rumah Modern
  2. Cat Rumah Desain Minimalis
  3. Cat Rumah Mewah

4. Tak Hanya Murah, tapi Hemat juga

Pernahkah Anda mendapati cat dalam kemasan sama namun harganya sangat berlainan? Katakanlah 5 Kg cat A harganya 100 ribu. Sedangkan 5 Kg cat B harganya 175 ribu. 

Meski secara nominal harga cat A lebih murah, namun sebaiknya periksa dulu daya sebar cat. Ini penting sekali sehingga kami masukkan juga sebagai salah satu kriteria cat rumah yang bagus.

Cat A mungkin memiliki daya sebar 8 meter persegi per Kgnya dan direkomendasikan diaplikasikan 2 lapis. Dus 5 Kg kemasannya hanya bisa dipakai untuk mengecat tembok 20 meter persegi saja. 

Sedangkan cat B, memiliki daya sebar 15 meter persegi dan direkomendasikan 2 lapis juga. Dus, 5 kg kemasannya bisa dipakai untuk mengecat dinding 37,5 meter persegi.

Nah, lho. Cat B yang dijual lebih mahal, rupanya jauh lebih hemat saat digunakan. Untuk mengecat dinding seluas 30 meter persegi, Anda harus membeli 2 produk cat A (dus, 200 ribu rupiah). Sedang untuk cat B, Anda hanya harus membeli 1 kaleng kemasan 5 kg saja dengan harga 175.000,-!

Maka dari itu, perhatikan daya sebar cat pada kemasan produk. Jangan tergiur dengan cat yang dibanderol dengan nominal lebih murah semata.

5. Cat Rumah yang Bagus Harusnya Awet dan Menempel dengan Baik

Fungsi lain cat selain memperindah suatu produk adalah memberikan proteksi dalam jangka waktu yang lama. Karena itu, kualitas penempelan cat dan masa pakainya pun perlu diperhatikan.

Faktor ini memang tidak mudah diukur masyarakat awam. Namun, Anda bisa melihat rekomendasi pengecatan ulang cat tersebut. Sebab sebagus apapun produk cat, pasti ia akan rusak juga sehingga perlu dicat ulang.

Bila di kemasan tak ada keterangan mengenai hal ini, jangan sungkan bertanya ke perusahaan cat. Jangan ragu melakukan ini terutama bila Anda hendak mengecat untuk tembok yang luas.

Nah, kurang lebih itulah 5 kriteria yang setidaknya bisa menuntun kita membeli cat rumah yang bagus. Semoga bahasan ini bermanfaat untuk Anda ya.

Posting Komentar untuk "5 Kriteria Cat Rumah yang Bagus yang Bisa Dilihat dari Kemasannya"