Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penting Dibaca! 7 Tips Membeli Cat Dinding menurut Warna dan Kilaunya

Mau mengecat ruang tamu? Atau konter pulsa? Yuk cerdas dalam membeli produk cat tembok yang tepat. Ikuti saja ketujuh tips membeli cat dinding menurut warna dan kilaunya ini.

Setiap warna memberikan kesan sendiri-sendiri. Pada bunga, misalnya. Mawar merah memberikan kesan romantis yang lebih intim. Sedangkan mawar pink memberikan kesan romantis yang lebih hangat.

Membeli Cat Dinding menurut Warna

7 Tips Membeli Cat Dinding menurut Warna dan Kilau 

Dalam pemilihan cat tembok, tiap warna yang kita pilih mau tak mau juga pasti membawa nuansa sendiri-sendiri. Begitu pula dengan kilap cat. Oleh karena itulah di kesempatan ini, Kia akan membagikan panduan dalam membeli cat tembok yang tepat. Buat Anda yang ingin mengecat teras, kamar tidur, hingga konter pulsa, silahkan simak saran-saran di bawah ini.

Baca juga: 8 Contoh Warna Cat Rumah Modern

1. Warna Pastel Kilap Rendah untuk Kesan yang Kalem dan Elegan

Rekomendasi: Kamar tidur dan keluarga, dan ruang yang ingin didesain dengan kesan kalem

Warna pastel merupakan warna yang bisa memberikan ketenangan. Jenisnya sendiri sangatlah beragam. Ada pink pastel, oranye pastel, biru pastel, dan masih banyak lagi. Selain menenangkan, warna-warna tersebut juga bisa memberikan kesan bersih, innocent, dan manis. 

Bila Anda menyukai desain shabby chic, desain ala princess Disney untuk ruang tamu si kecil, cat tembok pastel sangat kami sarankan.

2. Warna-warna Stabilo Glossy untuk Kesan Ceria dan “Murah Meriah”

Rekomendasi: kamar anak, konter pulsa, toko kelontong

Semua warna stabilo memiliki kesan yang ceria. Warna ini juga memberikan nuansa yang “murah meriah.” Bagi Anda yang memiliki toko dan konter pulsa, pilihlah warna stabilo alias neon yang bisa menarik perhatian pembeli karena kesan keterjangkauannya. Apalagi warna ini juga tampak mencolok sehingga membuat toko Anda mudah terlihat.

Contoh cat tembok warna neon yang sering digunakan antara lain: hijau neon, kuning, oranye, dan biru stabilo. Namun dalam membeli cat warna neon, Anda juga perlu menerapkan tips membeli cat dinding berdasarkan tingkat kilapnya. 

Dalam hal ini, neon yang memiliki kilap semi glossy dan glossy (kilap tinggi) kami sarankan untuk toko dan konter pulsa Anda. Sedangkan warna neon yang kilapnya rendah kami sarankan untuk pengecatan kamar dan ruang main anak-anak.

3. Ungu untuk Kesan Feminim yang Berkelas

Rekomendasi: kamar tidur, kamar penginapan untuk bulan madu, toko kosmetik

Warna ungu merupakan warna yang mampu memberikan kesan berkelas dan dalam beberapa hal juga “mahal" dan mewah (buat Anda yang ingin mencari inspirasi cat dengan kesan mewah, silahkan lihat contohnya di artikel Cat Tembok dengan Kesan Mewah.

Ungu sendiri sebagaimana pink tergolong dalam varian warna yang dianggap feminim. Kesan lain yang bisa ditimbulkannya antara lain kesan misterius, dewasa, dan romantis.

Namun agar mendapatkan kesan yang tepat, aplikasikan juga tips membeli cat dinding warna ungu dari segi kilaunya. Kilap doff hingga satin akan memberikan nuansa yang lebih tenang dan menghipnotis. Kesan ini juga lebih romantis dan hangat. Sedangkan kilap semi gloss dan glossy cenderung memberikan kesan yang lebih glamour.

4. Biru, Abu-abu, dan Putih untuk Kesan Netral dan Coastal

Rekomendasi: gedung perkantoran, rumah modern dan minimalis, rumah coastal

Ingin mendapatkan warna yang lebih netral? Bila iya, Anda bisa mengecat tembok dengan warna biru, abu-abu, dan putih. Pilihan ini juga cocok bagi anda yang mendambakan rumah modern dan minimalis.

Tapi, lebih dari itu, kombinasi warna ini juga bisa lho untuk mengecat ruangan bertema coastal. Paduan warna biru laut, putih, dan abu-abu pasir pantai akan memberikan nuansa yang benar-benar segar dan berbeda.

5. Cat Dinding Warna Bumi dari Hijau hingga Coklat

Rekomendasi: restauran, kafe bertema alam, hingga ruangan dengan desain natural

Tentu saja kami tak bisa mengabaikan warna-warna “natural” dalam artikel tips membeli cat dinding menurut warna dan kilaunya ini. Hijau, coklat, krem, dan abu-abu merupakan pilihan yang tak bisa Anda abaikan untuk memberikan nuansa yang membumi dan alami.

Warna hijau cocok untuk kesan yang lebih segar dan bertema hutan. Sedangkan warna coklat lebih cocok untuk kesan hangat dan bersahabat. Keduanya juga bisa dikombinasikan supaya nuansa ruangan benar-benar terlihat seperti alam bumi yang indah.

6. Cat Warna Merah untuk Kesan Berani

Rekomendasi: rumah atau kafe dengan desain retro, vintage, serta ruang bermain anak

Tak bisa dipungkiri, merah adalah warna yang sangat spesial. Warna ini melambangkan keberanian dan cinta yang mendalam. Namun warna ini menurut hemat kami lebih cocok diaplikasikan pada ruangan yang hendak didesain retro dan vintage. Selain itu, cat tembok merah juga bisa diterapkan pada ruang bermain anak untuk memberikan kesan lebih bersemangat.

7. Warna dengan Kesan Logam yang Mewah

Rekomendasi: semua ruangan yang ingin terlihat lebih unik dan mewah

Teknologi pembuatan cat dinding sudah semakin berkembang. Selain pilihan konvensional, terdapat juga pilihan yang tidak konvensional. Misalnya cat dinding warna ungu yang memiliki aksen emas dan perak. Atau, cat tembok abu-abu yang tampak bertekstur dengan aksen perunggu. Aksen-aksen tersebut bisa memberikan nuansa yang sangat unik sekaligus mewah.

Kiranya, itulah 7 tips membeli cat dinding menurut warna dan kilaunya yang perlu diperhatikan. Nah, kalau Anda butuh informasi 15 merk cat dinding, silahkan simak artikel Daftar Merk Cat Tembok di Indonesia. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

Posting Komentar untuk "Penting Dibaca! 7 Tips Membeli Cat Dinding menurut Warna dan Kilaunya"