Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Baca 7 Tips Membeli Cat Luar Rumah Ini sebelum Belanja ke Toko Cat

Apakah Anda ingin membeli cat untuk outdoor alias eksterior? Bila iya, silahkan simak 7 tips dari kami tentang pembelian cat luar rumah yang berkualitas dan tepat sasaran.

Tips Membeli Cat Luar Rumah
Image source: pxhere.com

Menjelang hari raya, entah itu Idul Fitri ataupun Natal, banyak orang yang mengecat rumah-rumah mereka. Tujuannya tentu untuk menciptakan nuansa baru yang lebih segar di masa-masa mendatang.

Akan tetapi, meskipun pembelian cat indoor mudah saja dilakukan, tidak demikian dengan cat luar ruangan. Dari yang Kia perhatikan, banyak orang mengecat bagian eksterior tembok mereka dengan cat interior yang dibeli. 

7 Tips Membeli Cat Luar Rumah (Eksterior) yang Krusial Diperhatikan

Padahal, cat interior sama sekali tidak bisa bertahan dengan baik sebagai cat outdoor. Tembok pasti akan terlihat cepat kusam, mengelupas, dan bahkan berlumut. Oleh karena itulah di kesempatan ini, Kia akan membagikan beberapa tips penting dalam pembelian cat eksterior. Silahkan langsung disimak poin-poin berikut ini.

1. Siapkan Dana yang Lebih Besar

Silahkan simak artikel KiaFinishing tentang “Merk Cat Tembok.” Dari artikel itu, terlihat jelas bahwa harga cat dinding exterior lebih mahal dari yang interior. 

Apabila cat interior bisa Anda dapatkan mulai dari harga 100an ribu untuk kemasan 5 Kg, cat eksterior minimal dibeli dengan harga 250 ribu.

Dan ini wajar sekali. Sebab feature yang ditawarkan cat outdoor memang lebih baik. Bisa dibilang harga mahal itu “worth it.” Pasalnya kondisi luar ruangan memang perlu cat yang kuat (ingat salah satu tujuan finishing adalah untuk melindungi). Bila Anda menggunakan cat indoor, seperti disebut di atas, pasti tembok cepat kusam, berjamur, dan membusuk.

2. Wajib Perhatikan Feature Cat

Tips berikutnya yang krusial diperhatikan kala membeli cat luar rumah adalah mengenai feature yang ditawarkan. Feature merupakan poin-poin kelebihan suatu produk.

  • Pada cat untuk outdoor, beberapa poin yang hendaknya diperhatikan adalah:
  • Kandungan anti jamur
  • Kandungan anti rayap dan serangga hama
  • Sifat tahan kusam
  • Anti UV (sinar ultra violet)
  • Tahan goresan atau sikat
  • Tahan air dan solvent
  • Tahan fluktuasi suhu dan kelembaban
  • Tingkat keamanan

Semakin lengkap feature yang ditawarkan, semakin bagus pula produk cat tersebut. Silahkan saja sinkronkan feature-feature produk cat yang hendak Anda beli dengan harganya. 

3. Sesuaikan dengan Kondisi Spesifik Anda

Memperhatikan feature keseluruhan cat memanglah penting sebagaimana disebutkan tips kedua dalam membeli cat luar rumah di atas. Akan tetapi, akan lebih baik lagi bila kita lebih spesifik. Jadi, kita juga bisa menghemat uang.

Misalnya begini. Kita tinggal di area yang jarang sekali terkena serangan jamur. Kondisi lingkungan tempat tinggal kita tidak lembab dan malah lumayan kering yang membuat jamur susah tumbuh. Oleh sebab itulah, kita bisa mengabaikan feature antijamur. Kita pun bisa lebih hemat sebab tak perlu membeli cat yang menawarkan keunggulan yang tidak kita perlukan.

4. Pastikan Lapisan Cat Tahan Lama

Apa Anda mau mendapati façade atau tampilan luar rumah terlihat jelek hanya berselang 6 bulan setelah pengecatan? Tidak mau bukan?

Siapa yang mau repot-repot mengecat tembok berkali-kali? Apalagi bila biayanya sama sekali tidak sedikit.

Oleh sebab itulah, hendaknya kita membeli cat yang lebih tahan lama. Pilih produk yang mengklaim bisa bertahan dalam rentang yang cukup lama. Biarpun lebih mahal, tapi Anda tidak akan repot dan membuang-buang uang di kemudian hari.

5. Lihat Daya Sebar Cat

Tips membeli cat luar rumah yang kelima ini mungkin agak “teknis” bagi pembaca awam. Sebab Kia akan membahas mengenai daya sebar cat.

Coverage atau daya sebar mengindikasikan tingkat hemat dan borosnya suatu produk cat. Semakin tinggi daya sebar, maka cat tersebut semakin hemat. 

Contoh, produk X memiliki daya sebar 10 meter persegi per Kg. Artinya tiap 1 kg cat bisa dipakai untuk mengecat tembok seluas 10 meter persegi per 1 lapis. 

Dengan memperhatikan daya sebar cat, kita bisa memilih produk yang hemat digunakan. Dengan demikian, kita bisa memangkas budget untuk membeli cat eksterior yang mahal ini.

6. Pertimbangkan Membeli Cat Interior-Eksterior

Sebetulnya, untuk pengecatan outdoor yang tahan lama, Kia selalu menyarankan penggunaan cat outdoor untuk keperluan tersebut. Jangan pernah menggunakan cat untuk interior yang ketahanannya sudah pasti kurang dalam lingkungan luar.

Namun di pasaran, kadang ada cat yang diklaim bisa dipakai untuk indoor dan eksterior. Apakah cat-cat tersebut bagus? Apa tips yang tepat untuk produk cat luar rumah dan dalam rumah itu?

Well, menurut Kia, cat-cat tersebut menawarkan opsi yang lebih terjangkau. Namun kualitasnya biasanya di bawah cat khusus outdoor. Oleh sebab itu, Kia hanya berani menyarankan penggunaan cat multifungsi tersebut apabila feature yang ditawarkan cukup untuk keperluan Anda. Bila tidak, sebaiknya langsung cari cat khusus untuk dinding luar saja.

7. Estetika juga Perlu Diperhatikan

Terakhir namun tak kalah penting, perhatikan juga estetika produk cat tersebut. Cat luar rumah banyak yang telah hadir dengan warna-warna pastel yang bagus. Namun, ada juga cat yang tanpa warna dan hanya merupakan pelapis dengan warna serupa semen.

Bila cat seperti itu diaplikasikan untuk atap, tentu tak masalah. Namun untuk façade rumah dan sisi kiri serta belakang bangunan, pilihlah cat yang bisa memperindah dengan warna-warna yang ditawarkannya.

Baca juga: Pilihan Warna Cat Rumah Modern yang Bagus

Nah, semoga ketujuh tips membeli cat luar rumah ini bermanfaat! Sampai jumpa di artikel Kia lainnya.

Posting Komentar untuk "Baca 7 Tips Membeli Cat Luar Rumah Ini sebelum Belanja ke Toko Cat"